Ahli: Cegah stunting melalui pemberian nutrisi yang tepat



Jakarta (ARSIP DUNIA) – Dokter spesialis anak dari Universitas Sam Ratulangi Dr Ronald Rompies menyebut pemberian nutrisi yang tepat dapat mencegah terjadinya stunting pada anak.

“Pemberian nutrisi pada bayi dan anak terutama dalam 1.000 hari pertama kehidupan sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan anak yang optimal. Selain itu, deteksi dini gangguan berat badan penting untuk pencegahan stunting,” ujar Ronald dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Kamis.

Menurut Ronald, deteksi dini bisa dilakukan di posyandu dan jika tidak ada perbaikan segera rujuk ke puskesmas. Jika ditemukan kasus stunting atau tengkes, maka puskesmas akan langsung memberikan rujukan ke dokter spesialis anak.

Intervensi spesifik dengan pemberian nutrisi yang optimal yaitu Makanan Pendamping Air Susu Ibu (MPASI) dengan kandungan protein hewani, disertai susu formula standar atau susu khusus pada anak yang kekurangan gizi.

Satuan Tugas Perlindungan Anak PP IDAI Dr Rachmat Sentika SpA MARS menjelaskan bahwa sistem rujukan pada kasus stunting harus dapat dilaksanakan hingga ke rumah sakit. Dukungan fasilitas layanan kesehatan primer dalam surveilans gizi, deteksi dan penemuan kasus di masyarakat sangat dibutuhkan.

Direktur Medical Science Danone Indonesia Dr Ray W Basrowi mengatakan pihaknya berkomitmen dalam penurunan angka stunting di Tanah Air. Komitmen tersebut dilakukan dalam bentuk promosi pemberian ASI eksklusif bagi karyawan, mendukung berbagai macam riset tentang nutrisi pada anak-anak, program edukasi tenaga kesehatan berkelanjutan, serta program pemberdayaan masyarakat dan komunitas.

 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Dokter: Pemberian nutrisi yang tepat cegah stunting

By pass

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.