Anggota Komisi III DPR RI apresiasi inovasi dan terobosan Polri



Boyolali (ARSIP DUNIA) – Anggota Komisi III DPR RI Eva Yuliana mengapresiasi inovasi dan terobosan yang dilakukan Polri tidak hanya mengurusi penegakan hukum saja, tetapi bagaimana melakukan edukasi kepada masyarakat.

“Polri mengedukasi ke masyarakat tentang penanganan hukum dan kasus-kasus yang dihadapi dan sebagainya di situlah nilai “restorative justice” yang dimaksud oleh pak Kapolri,” kata Eva Yuliana, dalam kunjungan kerja perorangan pada masa reses, di Polres Boyolali, Jawa Tengah, Jumat.

Eva mengatakan ketika masa reses tentunya boleh dan berhak serta mungkin bahkan dapat dilakukan kunker ke mitra-mitra Polri seperti Polres Boyolali ini.

Kenapa begitu, kata Eva, karena hal tersebut dapat menyerap aspirasi kemudian juga melakukan pengawasan fungsi anggaran dan menggali informasi pembelanjaan, penyerapan sampai di mana serta lain sebagainya.

Sehingga, kata dia, ketika masuk ke masa persidangan DPR RI nanti aspirasi akan dibawa dan menjadi masukan-masukan pada saat rapat kerja dengar pendapat  DPR RI.

Dia mengatakan Polri termasuk Polres Boyolali diberikan pekerjaan pemerintah yang tidak ringan. Polri tidak hanya persoalan menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

Namun, Polri pada masa pandemi bekerja juga penanganan vaksinasi, Desa Siaga, dan Kampung Tangguh untuk mempercepat penanganan adanya orang-orang yang terkena COVID-19.

Pekerjaan Polri yang banyak tersebut, kata dia, pihaknya berpesan tentunya tetap harus menjaga soliditas, menjaga kesehatan para anggota, dan bagaimana menjaga kewaspadaan pandemi yang belum berakhir ini.

Dia juga menjelaskan aspirasi yang diterima dari Polres Boyolali, bahwa di wilayahnya ada beberapa tempat yang rawan bencana alam, karena amanah Polri didukung beberapa fasilitas sarana prasarana untuk membantu pada saat penanganan bencana yang kemungkinan terjadi di Boyolali.

“Semua aspirasi yang masuk akan kami carikan solusi guna kebaikan semua,” katanya.

Sementara itu, Kepala Polres Boyolali AKBP Asep Mauludin mengatakan Polres Boyolali telah mendapatkan kehormatan untuk menerima kunker anggota Komisi III  DPR RI Eva Yuliana. 

Pada kesempatan tersebut anggota DPR dari Partai Nasdem itu, menanyakan situasi Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) dan program-prorgram kegiatan Polres Boyolali dalam memelihara Kamtibmas di wilayah hukumnya.

“Kami menyampaikan situasi Kamtibmas di wilayah hukum Polres Boyolali secara umum dalam keadaan aman dan kondusif. Adapun dalam pemeliharaan Kamtibmas saat ini, Polres Boyolali menggelar program Ayo Jogo Boyolali melalui program peningkatan kewaspadaan dini masyarakat.

Hal tersebut dilaksanakan melalui beberapa kegiatan antara lain, Sosialisasi Kamtibmas dan Wawasan Kebangsaan, Kerja Bakti, “Door to Door System” dan Peningkatan Siskamling melalui temu cepat, lapor cepat dan respon cepat.

“Kami mendapat apresiasi atas inovasi yang dilaksanakan Polres Boyolali oleh anggota Komisi III DPR RI Eva Yuliana itu,” kata Kapolres.

 

By pass

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *