Anies siap cari solusi kekurangan guru agama Hindu di Jakarta



Kami ingin umat Hindu di Jakarta bisa mendidik generasi berikutnya dan semua itu adalah tanggung jawab kita semua,

Jakarta (ARSIP DUNIA) – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan siap mencari solusi untuk mengatasi kurangnya guru pendidikan agama Hindu di sekolah-sekolah di Jakarta.

Anies Baswedan menyatakan hal itu dalam sambutannya saat menghadiri kegiatan upacara “Tawur Agung Kesanga” di Pura Aditya Jaya, Rawamangun, Jakarta Timur, Rabu, menanggapi aspirasi yang disampaikan perwakilan umat Hindu.

“Setiap anak Indonesia berhak mendapat pendidikan, dan hak pendidikan di Jakarta adalah kewajiban kami. Kami ingin umat Hindu di Jakarta bisa mendidik generasi berikutnya dan semua itu adalah tanggung jawab kita semua,” kata Anies.

Ketua Suka Duka Hindu Dharma (SDHD) DKI Jakarta, Made Sudarta, mengatakan, saat ini ada sekitar 70 guru agama Hindu di seluruh DKI Jakarta.

Jumlah itu tidak sebanding dengan banyaknya siswa beragama Hindu yang tersebar di seluruh wilayah Jakarta yakni sekitar 2.800 siswa.

“Guru-guru kita kurang. Guru agama Hindu yang ada di sekolah-sekolah baik negeri maupun swasta, jumlahnya masih kurang. Murid hindunya terpencar di mana-mana,” ujar Made.

Made mengatakan, untuk mengatasi permasalahan itu dibuka sekolah pasraman atau sekolah berbasis Hindu di masing-masing wilayah Jakarta.

Selain itu, untuk menyiasati kekurangan tenaga guru agama Hindu dilakukan penggabungan pembelajaran dari beberapa kelas, antara lain menggabungkan kelas satu sampai empat SD, serta kelas lima dan kelas enam SD.

“Jadi sebulan tiga kali, siswa bergama Hindu mendapat pembelajaran agama Hindu. Setiap hari Minggu pada minggu kedua, ketiga, dan keempat. Kalau minggu pertama kita ngikutin kurikulum program pemerintah,” ujar Made.

Dia juga berharap Pemprov DKI dapat mencarikan solusi terkait masalah kurangnya guru agama Hindu di Jakarta tersebut. “Kami ingin guru Hindu diperbanyak sama membantu fasilitas tempat belajar, seperti meja kursi,” tutur Made.

Baca juga: Anies sebut umat Hindu miliki peran penting dalam memajukan Jakarta

Baca juga: Anies sebut tidak bisa tampung semua permohonan mutasi ASN dari pusat


 

Pewarta: Yogi Rachman
Editor: Riza Harahap
COPYRIGHT © ARSIP DUNIA 2022

By pass

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.