Jakarta (ARSIP DUNIA) – Brad Binder mengawali musim baru MotoGP 2022 dengan raihan positif setelah membawa motor KTM RC16 ke puncak catatan waktu sesi latihan bebas pertama Grand Prix Qatar di Sirkuit Lusail, Jumat.

Melakukan time attack di menit-menit terakhir, sang pebalap Afrika Selatan mencetak lap tercepat 1:54,851 demi mengungguli pebalap tim LCR Honda Takaaki Nakagami dengan margin 0,056 detik.

Alex Rins finis ketiga untuk Suzuki (+0,127) di saat Pol Espargaro mengungguli rekan satu timnya Marc Marquez untuk membawa dua motor Repsol Honda melengkapi peringkat lima besar.

Baca juga: Espargaro semakin memahami tunggangannya jelang GP Qatar pembuka musim

Franco Morbidelli menjadi pebalap Yamaha tercepat di sesi latihan tersebut di peringkat enam, 0,443 detik dari pemuncak sesi, sementara rekan satu timnya, juara dunia Fabio Quartararo terlempar ke P11, demikian laman resmi MotoGP.

Aleix Espargaro membawa Aprilia bertahan di puncak catatan waktu pada sebagian besar sesi mengungguli Marquez sebelum Joan Mir mengambil kendali.

Rins menjadi satu-satunya pebalap yang mengenakan ban soft untuk melontarkan dirinya ke puncak, namun tak lama berselang Nakagami dan Binder melampaui catatan sang pebalap Spanyol.

Runner-up tahun lalu Francesco Bagnaia, yang seperti rekan satu timnya Jack Miller memilih menggunakan versi hybrid mesin GP22 yang dibekali komponen GP21, terjatuh di Tikungan 6 menjelang akhir latihan.

Mir, Aleix Espargaro, Alex Marquez dan Miguel Oliveira melengkapi peringkat sepuluh besar.

Baca juga: Marquez miliki motivasi sangat besar awali musim MotoGP 2022

Hampir semua pebalap memulai latihan dengan ban hard karena cuaca panas, sebelum mendorong untuk lebih cepat di pengujung sesi.

Seperti diprediksi, seluruh pebalap Yamaha kewalahan dalam menemukan top speed, sedangkan 15 pebalap terdepan dipisahkan dalam rentang kurang dari satu detik.

Start GP Qatar dimajukan ke pukul 18:00 waktu setempat, jelang matahari terbenam.

Sesi FP2 akan berlangsung pada petang hari di bawah lampu sinar dan diperkirakan para pebalap mencetak waktu tercepatnya di sesi latihan kedua.

Yamaha menjadi pemenang dua balapan tahun lalu di Qatar lewat penampilan gemilang Maverick Vinales dan Fabio Quartararo.

Baca juga: Belum puas dengan motornya, Quartararo siap 100 persen menuju Qatar

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ARSIP DUNIA 2022

By pass

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.