BKKBN Sulsel gelar workshop Pro Ketahanan Remaja


Makassar (ARSIP DUNIA) – Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Sulawesi Selatan menggelar workshop Proyek Prioritas Nasional (Pro) Ketahanan Remaja sebagai bagian dari Program Bangga Kencana.

Hal itu dikemukakan Koordinator Bidang KS/PK Perwakilan BKKBN Sulsel Irmawahyuni pada pembukaan Pro Nasional Ketahanan Remaja “Workshop Parenting 1001 Cara Bicara” di Makassar, Kamis.

Dia mengatakan, pembangunan keluarga tidak terlepas dari ketahanan remaja yang menjadi salah satu target pelaksanaan program Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana atau Bangga Kencana.

Sementara itu, lanjut dia, remaja yang menjadi bagian dari Bangga Kencana dilakukan pendekatan melalui program Bina Keluarga Remaja (BKR).

Hal itu dilakukan karena BKKBN sangat peduli dan fokus pada remaja dengan memberikan wadah atau tempat agar remaja bisa saling berkomunikasi, berkompetisi dan berkreativitas dengan sesamanya.

Lebih jauh dijelaskan bahwa tujuan dari workshop tersebut untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman pelaksanaan program Pro PN penyiapan kehidupan berkeluarga bagi remaja di kabupaten/kota.

Termasuk tercapainya target sasaran Lokus Pro PN 100 persen pada kelompok BKR dan Pusat Informasi dan Konseling (PIK) Remaja.

Workshop nasional ini dihadiri para perwakilan dari 24 kabupaten/kota di Sulsel yang terdiri dari PIK Remaja, kader BKR, OPD-KB dan pihak BKKBN masing-masing kabupaten/kota.

Pada kesempatan tersebut, salah seorang mentor dan pendamping workshop dari BKKBN Utami Setyorini mencoba menggali pengetahuan dasar penanganan remaja pada para peserta melalui “Ice breaking”.

Sementara untuk pembagian kelompoknya, Utami menggunakan nama-nama objek wisata di masing-masing daerah. Sebagai gambaran, peserta berasal dari Kabupaten Maros menggunakan nama kelompok Bantimurung dan Rammang-Rammang.

Hal itu sebagai salah satu upaya mendekatkan dengan potensi daerah masing-masing, khususnya di sektor pariwisata sekaligus membantu mempromosikan.

 

Suasana workshop Proyek Prioritas Nasional (Pro) Ketahanan Remaja di Makassar, Kamis (3/3/2022). Antara / Suriani Mappong

By pass

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.