Bupati Mambor: Bidan berperan siapkan generasi berkualitas


Teluk Wondama, Papua Barat (ARSIP DUNIA) – Bupati Teluk Wondama, Papua Baarat, Hendrik Mambor menyebutkan para bidan berperan penting dalam menyiapkan generasi yang berkualitas sejak dalam kandungan hingga lahir dan tumbuh.

Hendrik Mambor saat peringatan HUT ke-71 Ikatan Bidan Indonesia (IBI) tingkat Kabupaten Teluk Wondama di Taman Masasosa Topai Wasior, Jumat, mengatakan tanggung jawab bidan tidak ringan.

“Jadi mesti mendapat support dari kita semua, terutama pemda. Pada kondisi-kondisi tertentu, selain dokter, bidan bertaruh untuk menyelamatkan jiwa baik ibu maupun anak,” ucap Mambor.

Pemkab Wondama, katanya, sangat mengapresiasi tugas para bidan atas pengabdian dan dedikasi mereka dalam menolong masyarakat terutama ketika menjalani proses persalinan.

“Kami semua memberikan apresiasi, rasa hormat dan salut kepada para bidan yang telah mengabdikan diri bagi bangsa dan negara Indonesia secara khusus bagi masyarakat di Teluk Wondama,” ujarnya.

Orang nomor satu di Kabupaten Teluk Wondama itu berharap pada bidan yang tergabung dalam IBI Cabang Teluk Wondama terus memberikan pelayanan terbaik terutama untuk menekan angka kematian ibu dan bayi, juga masalah kekerdilan pertumbuhan (stunting) yang relatif masih tinggi di wilayah itu.

Para bidan yang tergabung dalam wadah Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Cabang Teluk Wondama foto bersama dengan para pejabat Pemkab Teluk Wondama, Jumat (24/6/2022). (ARSIP DUNIA/HO-Zack Tonu B)




Ketua IBI Cabang Teluk Wondama Lusiana Tangirau menjelaskan bidan telah hadir dan berkiprah di Wondama jauh sebelum Teluk Wondama menjadi kabupaten definitif pada 2003.

Sampai saat ini jumlah bidan di Wondama tercatat sebanyak 126 orang, tersebar pada RSUD, Puskesmas dan Pustu juga fasilitas layanan medis lainnya di berbagai wilayah Teluk Wondama.

Dari total 126 bidan yang bertugas di Wondama, hanya 66 orang berstatus PNS, sisanya masih berstatus tenaga honorer.

“Meski sebagian besar masih berstatus tenaga honorer, namun rekan-rekan selalu setia melayani di tempat ini dengan segala keterbatasan,” ujar Lusi.

IBI, katanya, juga berkomitmen mendukung program pemerintah baik tingkat pusat, provinsi maupun kabupaten.

“Agar memberikan seluruh kemampuan dan keterampilan untuk mendukung penuh pemerintah di tingkat pusat dan daerah dan menjadi garda terdepan melanjutkan visi dan misi Teluk Wondama yaitu meningkatkan kualitas hidup masyarakat,” pesan bidan yang bertugas di RSUD Teluk Wondama itu.

Ulang tahun IBI ke-71 di Kabupaten Teluk Wondama diawali dengan kegiatan jalan sehat bersama mengambil start dari Lapangan Miei menuju Taman Masasoya Topai Wasior.

Jalan Sehat HUT IBI dilepas oleh Bupati Hendrik Mambor dengan melibatkan para bidan dan petugas medis lainnya juga sejumlah pejabat Pemkab Teluk Wondama.

By pass

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.