Jakarta (ARSIP DUNIA) – Badan pengelola bulu tangkis dunia (BWF) membatalkan semua turnamen yang rencananya diadakan di Rusia dan Belarus menyusul invasi Rusia ke Ukraina, kata badan dunia ini seperti dikutip Reuters, Senin.

Bendera kebangsaan Rusia dan Belarus dilarang dikibarkan dan demikian pula dengan lagu kebangsaan kedua negara tak boleh diperdengarkan dalam semua turnamen BWF. Tidak ada turnamen bulu tangkis lain yang akan digelar Rusia atau Belarus hingga pemberitahuan lebih lanjut.

“BWF akan terus memantau situasi dengan cermat dan secara proaktif berkonsultasi dengan mitra-mitra gerakan olahraga internasional kami guna membahas opsi lain yang berpotensi memperkuat tindakan terhadap pemerintah Rusia dan Belarus,” kata BWF.

Baca juga: Timnas bulu tangkis batal ke Polandia akibat konflik Ukraina-Rusia

Baca juga: IOC desak seluruh asosiasi olahraga batalkan kejuaraan di Rusia

BWF mengatakan mereka sepenuhnya mendukung Komite Olimpiade Internasional (IOC) yang mendesak federasi-federasi olahraga dunia agar memindahkan atau membatalkan acara olahraga yang sudah dijadwalkan digelar di Rusia atau Belarus.

“BWF sepenuhnya bersolidaritas dengan seluruh gerakan olahraga internasional dalam menyerukan semua pihak menghentikan tindakan kekerasan dan memulihkan perdamaian,” tambah badan bulutangkis dunia itu.

Kementerian Kesehatan Ukraina mengatakan Minggu bahwa 352 warga sipil, termasuk 14 anak-anak, tewas sejak invasi Rusia ke negara itu pekan lalu. Belarus menjadi wilayah utama invasi dilancarkan Rusia.

Rusia menyebut tindakannya di Ukraina sebagai “operasi khusus”.

Badan sepak bola FIFA mengatakan Minggu bahwa tak ada pertandingan sepak bola internasional yang dimainkan di Rusia dan bendera serta lagu kebangsaan negara ini terlarang dalam pertandingan tim mana pun di luar negeri.

Baca juga: IOC kecam invasi Rusia ke Ukraina

Baca juga: Greysia Polii terpilih sebagai Ketua Komisi Atlet BWF

Baca juga: Putin dicopot sementara dari presiden kehormatan judo internasional

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Bayu Kuncahyo
COPYRIGHT © ARSIP DUNIA 2022

By pass

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.