Jakarta (ARSIP DUNIA) – Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) pada Selasa mengeluarkan larangan bagi pebulu tangkis Rusia dan Belarusia untuk bertanding di seluruh ajang internasional mulai minggu depan menyusul invasi Rusia ke Ukraina.

Langkah ini menjadi sanksi terbaru BWF, setelah satu hari sebelumnya juga memutuskan pembatalan turnamen di Rusia dan Belarusia, yang dilakukan sejalan dengan rekomendasi dari dewan eksekutif Komite Olimpiade Internasional (IOC).

Sejak dimulainya operasi militer Rusia pekan lalu, badan-badan olahraga di seluruh dunia telah bergerak melawan Rusia dan Belarusia dengan menolak menjadi tuan rumah atau bermain melawan tim-tim dari kedua negara itu.

BWF mengatakan larangan partisipasi atlet dan ofisial dari Rusia dan Belarusia akan dimulai sejak German Open pada 8-13 Maret.

Baca juga: BWF batalkan turnamen bulutangkis di Rusia dan Belarus

Disebutkan pula sejumlah kecil atlet Rusia yang bersaing dalam dua turnamen bulu tangkis internasional Para back-to-back di Spanyol akan diizinkan untuk berpartisipasi karena mereka telah tiba di lokasi.

“Namun, para pemain ini akan bertanding sebagai atlet netral, tanpa bendera atau lagu kebangsaan,” BWF menyebutkan, seperti dilansir Reuters.

Selain BWF, badan renang dunia FINA pada hari Senin membatalkan Kejuaraan Renang Dunia Junior di Kazan, Rusia. Lalu pada hari ini mengumumkan bahwa perenang Rusia dan Belarusia akan bersaing sebagai atlet netral atau tim netral.

“Tidak ada simbol nasional, warna, bendera yang boleh ditampilkan atau lagu kebangsaan harus dimainkan dalam acara Akuatik internasional yang belum menjadi bagian dari sanksi Badan Anti-Doping Dunia untuk Rusia,” kata FINA.

Asosiasi Ski Norwegia juga mengumumkan pada hari Selasa bahwa atlet ski kedua negara tidak diizinkan untuk ambil bagian dalam kompetisi akhir pekan ini di Norwegia.

Baca juga: Timnas bulu tangkis batal ke Polandia akibat konflik Ukraina-Rusia

Pewarta: Roy Rosa Bachtiar
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ARSIP DUNIA 2022

By pass

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *