Dinkes: Belum ada kasus malnutrisi di Kabupaten Jayawijaya



Wamena (ARSIP DUNIA) – Dinas Kesehatan Kabupaten Jayawijaya, Provinsi Papua menyebut hingga kini belum ada kasus malnutrisi yang terjadi di 40 distrik se-kabupaten itu.

Kepala Dinas Kesehatan Jayawijaya dokter Willy Mambieuw ketika dihubungi, Senin mengatakan dari laporan yang disampaikan masing-masing fasilitas kesehatan, belum adanya temuan itu.

“Kasus malnutrisi untuk kita di kabupaten sampai saat ini belum terlapor, belum ada yang terdeteksi,” katanya.

Ia mengatakan jika adanya kasus malnutrisi maka sudah pasti menjadi perhatian pemerintah. Namun sebelumnya pemerintah telah menggencarkan program yang dapat mencegah malnutrisi di wilayah itu.

Sebagai contoh misalnya visi dan misi bupati bersama wakil yang mengangkat kearifan budaya lokal atau yang dikenal dengan istila 3w yaitu wen, wam dan wene.

Dengan 3W ini pemerintah mengajak masyarakat bertani, beternak untuk dapat menyelesaikan semua persoalan ekonomi dan sosial, termasuk mencegah malnutrisi.

Selain program pemerintah yaitu 3W, bupati juga telah mengeluarkan instruksi bagi 300 lebih kepala kampung di Jayawijaya untuk mengalokasikan separuh dana kampung yang diterima untuk pencegahan gizi buruk bagi bayi dan stunting di tiap-tiap kampung.

Berdasarkan pantauan Antara, masyarakat di Jayawijaya selain didorong oleh program 3W yang didukung dengan bantuan peralatan dan ternak, pemerintah juga menyalurkan bantuan-bantuan seperti dana desa, bantuan sosial tunai dan bantuan bahan makanan.

By pass

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.