Dinsos Sumsel  siapkan bantuan tanggap darurat hadapi musim pancaroba



Palembang (ARSIP DUNIA) – Dinas Sosial Sumatera Selatan menyiapkan bantuan tanggap darurat menghadapi bencana yang mungkin terjadi pada peralihan musim hujan ke kemarau atau musim pancaroba Februari-Maret 2022 ini.

Selain bantuan tanggap darurat berupa bahan makanan dan sejumlah barang yang dibutuhkan korban bencana, pihaknya juga menyiagakan taruna siaga bencana (Tagana) yang sewaktu-waktu bisa diturunkan ke lokasi bencana, kata Kepala Dinas Sosial Sumsel Mirwansyah, di Palembang, Sabtu.

Menghadapi musim pancaroba berpotensi terjadi bencana angin langkisau, banjir, dan bencana lainnya, pihaknya menyiagakan 1.000 Tagana untuk memberikan bantuan penyelamatan dan penyaluran bahan makanan, obat-obatan, serta bantuan tanggap darurat lainnya

Selain itu pihaknya juga berupaya menyiapkan stok bantuan tanggap darurat berupa beras, obat-obatan, bahan makanan lainnya serta peralatan yang biasa dibutuhkan masyarakat korban bencana.

Dengan kesiapsiagaan petugas dan bantuan tanggap darurat, masyarakat yang dilanda bencana seperti angin langkisau di dua desa dalam Kabupaten Musirawas pada Rabu (23/2) bisa diberikan bantuan dengan cepat.

Petugas Tagana langsung diturunkan membawa bantuan dari Dinas Sosial berupa 80 paket sembako, 80 unit matras, tenda, selimut, paket makanan anak-anak dan 80 paket makanan siap saji.

Bantuan yang didistribusikan itu cukup untuk memenuhi kebutuhan korban dalam masa darurat beberapa pekan.

Melalui berbagai upaya tersebut, diharapkan jika terjadi bencana selama musim pancaroba sekarang ini, diharapkan dapat ditanggulangi dengan cepat dan tepat, ujar dia pula.

By pass

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.