Gempa Berkekuatan 3,4 Magnitudo Guncang Bulungan



Tarakan (ARSIP DUNIA) – Gempa dengan kekuatan 3,4 magnitudo menguncang Bulungan, Kalimantan Utara pada hari Minggu (13/02) pukul 14:50 Wita.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Tanjung Harapan menyatakan bahwa gempa terjadi di lokasi 2.84 Lintang Utara dan 117.20 Bujur Timur, di arah 24 Kilometer Tenggara Bulungan kedalaman 10 Kilometer.

Jenis dan mekanisme gempa bumi dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter.

Gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi kedalaman dangkal akibat aktivitas Sesar Lokal.

Adapun dampak gempa bumi ini berdasarkan laporan masyarakat, gempa bumi ini dirasakan di Bulungan dengan intensitas II-III MMI.

Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu. Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan gempa bumi tersebut.

Terjadi gempa bumi susulan yang terjadi pada pukul 15:19 Wita. Hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan atau atershock.

Kendati begitu, pihaknya meminta masyarakat agar tetap tentang dan memastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi.

Kepada masyarakat di wilayah Bulungan dan sekitarnya diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi.

Baca juga: Gempa di Lebak Banten tidak berpotensi Tsunami

By pass

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.