Gubernur Kaltara Pastikan Gedung Baru Setprov Digunakan Tahun Ini



Tarakan (ARSIP DUNIA) – Gubernur Kalimantan Utara Zainal Arifin Paliwang memastikan gedung baru Sekretariat Provinsi (Setprov) bakal dilengkapi sejumlah sarana penunjang seperti fasilitas olahraga dapat digunakan tahun 2022.

“Nantinya, di rooftop (lantai atas) bisa disiapkan sarana olahraga seperti lapangan futsal, fitnes, dan rest area, sehingga para pegawai di lingkup Pemprov Kaltara bisa memanfaatkan fasilitas ini,” kata Zainal di Tanjung Selor, Bulungan, Kamis.

Dia menambahkan bahwa tahun ini diprioritaskan agar gedung yang berlokasi di Jalan Kol Soetadji, Bulungan untuk fungsional dulu.

Untuk sarana penunjang lainnya dianggarkan secara bertahap, mengingat anggaran Pemprov Kaltara juga terbatas.

Gubernur yang sudah melihat langsung proses pembangunan gedung kantor Gubernur itu sekaligus menggenjot agar bangunan tersebut segera difungsikan. Selain itu, ia juga meminta sedikit perubahan dalam pembangunan kantor tersebut.

Tujuannya, agar segera ditempati beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kaltara yang masih mengontrak bangunan sebagai kantor.

“Insya Allah tahun ini gedung Kantor Gubernur yang baru sudah bisa ditempati, untuk Gubernur, Wakil Gubernur (Wagub) dan Sekertaris Provinsi (Sekprov),” kata Zainal.

Untuk desain interiornya, Gubernur meminta agar menggunakan konsep kearifan lokal, sehingga dapat menunjukkan identitas budaya yang dimiliki oleh etnis asli di provinsi termuda ini.

“Ke depan saya akan turun langsung mendesain interiornya, begitu juga dengan tamannya saya juga akan turun tangan membuat taman untuk Kantor Gubernur ini,” katanya.

Sementara itu, Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang Perumahan dan Permukiman (DPUPR-Perkim) Kaltara, Datu Iman Suramenggala mengatakan kantor gubernur bakal difungsikan tahun ini.

Secara teknis, beberapa perangkat daerah juga akan berkantor di lantai tiga dan empat. Sedangkan untuk penganggarannya, DPUPR – Perkim mengganggarkan Rp80 miliar dengan skala prioritas fungsi gedung.

“Kita prioritaskan dari anggaran tersebut adalah fungsi kantornya terlebih dahulu. Seperti fungsi ruang kerja dan pendukungnya, di lantai tiga dan lantai empat,” kata Datu Iman.

Baca juga: Pemprov Kaltara Mengkaji Pembangunan Gedung SMA di Tiga Kabupaten

By pass

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *