Kabupaten Bandung ke Bali belajar pengelolaan pariwisata



Badung (ARSIP DUNIA) – Rombongan Pemerintah Kabupaten Bandung, Jawa Barat mengunjungi wilayah Kabupaten Badung, Bali untuk mempelajari pengelolaan dan peningkatan sektor pariwisata di wilayah tersebut.

“Badung ini merupakan salah satu kabupaten yang sangat luar biasa memiliki potensi wisata, dan jika ingin membuat desa wisata, jangan sampai salah pilih untuk datang ke Kabupaten Badung,” ujar Bupati Bandung Dadang Supriatna di Mangupura, Jumat.

Pada kunjungan itu, rombongan Pemkab Bandung melakukan studi komparasi terkait dengan peningkatan pariwisata di Badung, khususnya kualitas daya tarik wisata, kualitas pengelolaan destinasi wisata, dan kualitas SDM dari para pelaku dan pemangku kepentingan di Badung.

Dadang Supriatna mengatakan, apabila dilihat secara langsung, tempat-tempat wisata yang ada di Badung telah diimbangi dengan sarana dan prasarana, termasuk infrastrukturnya sehingga membuat para wisatawan baik domestik maupun Internasional yang berkunjung ke tempat wisata merasa nyaman.

Selain itu, apabila melihat kondisi akses jalan di Bali khususnya di wilayah Kabupaten Badung, infrastrukturnya sudah cukup bagus yang  kondisi tersebut patut ditiru di wilayah lainnya.

“Sehingga betul-betul Kabupaten Badung ini perlu diikuti dari segi polanya, tentu Dinas Pariwisata Badung dengan organisasi perangkat daerah lainnya juga ikut berkolaborasi untuk mendukung pelaksanaan destinasi pariwisata'” katanya.

Ia menambahkan, ingin apa yang didapat dari kunjungan studi komparasi ke Kabupaten Badung tersebut nantinya dapat dikembangkan di wilayah Kabupaten Bandung

“Tentu kami bersama dinas terkait bisa melihat, mendorong dalam rangka mempercepat Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) yang telah kami buat,” ungkap Dadang Supriatna.

Asisten Administrasi Umum Badung Cokorda Raka Darmawan menjelaskan, pihaknya berharap kunjungan kerja Pemkab Bandung ke Bali itu bisa menambah informasi yang diperlukan khususnya untuk pengembangan wisata di Bandung.

“Oleh karena itu kami juga berharap nantinya ada peningkatan kunjungan wisatawan ke Bandung sekaligus destinasinya bisa lebih berkembang dan lebih baik lagi,” ujarnya.

Menurut dia, tentunya masih ada beberapa hal yang perlu dibenahi seperti dari sisi segi regulasi tata kelola termasuk memperhatikan dari segi Infrastruktur, perlu juga adanya kolaborasi di antara beberapa organisasi perangkat daerahnya.

“Dalam mewujudkan sebuah objek wisata, harus fokus, bersama-sama sesuai dengan tupoksi untuk mengerjakan apa yang dibutuhkan di dalam objek wisata itu sendiri,” kata Cokorda Raka Darmawan.

By pass

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.