Jakarta (ARSIP DUNIA) – Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Mumbai mengawal pengiriman tahap ketiga vaksin Covovax buatan Serum Institute India dari bandara Chattrapaji Shivaji, Mumbai, ke Indonesia via Dubai.

Pengiriman vaksin Covovax tahap ke-3 dari India itu diharapkan dapat tiba di Indonesia pada Rabu (8/12), kata KJRI Mumbai dalam pernyataan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu.

Jumlah vaksin Covovax yang disampaikan kepada Indonesia dalam pengiriman tahap ke-3 itu adalah sebanyak empat juta dosis.

Pengiriman tahap ketiga itu melengkapi rangkaian pengiriman vaksin Covovax tahap satu dan dua yang telah terlaksana pada 26 November dan 1 Desember 2021.

Pengiriman tahap ketiga itu, menurut KJRI Mumbai, melengkapi total komitmen penyampaian sembilan juta dosis vaksin Covovax yang telah dilakukan oleh entitas Serum Institute India (SII) dan entitas farmasi nasional Indofarma hingga akhir 2021.

Komitmen pemenuhan vaksin Covovax tersebut dilakukan antara entitas Serum Institute India, sebagai salah satu produser vaksin terbesar di dunia, dengan entitas farmasi nasional Indonesia — Indofarma.

Kedua entitas memiliki total komitmen mengikat (binding commitment) sejumlah 50 juta dosis vaksin yang akan diselesaikan pengirimannya pada 2022 sesuai dengan arahan Kementerian Kesehatan RI.

Vaksin Covovax merupakan vaksin COVID buatan Serum Institute India yang telah didaftarkan guna memenuhi kebutuhan vaksinasi nasional Indonesia sebagai bagian dari langkah pencegahan dalam strategi penanganan pandemi COVID-19.

Vaksin Covovax telah melewati uji klinis dengan hasil baik di beberapa negara, antara lain Inggris, India, dan Afrika Selatan.

Baca juga: BPOM: Efikasi dosis lengkap vaksin Covovax 88,9 persen pada lansia

Baca juga: Indofarma dikawal KPK dalam pengadaan Vaksin Covovax dari India

 

Indonesia datangkan 3,5 juta vaksin dalam 4 tahap



Pewarta: Yuni Arisandy Sinaga
Editor: Tia Mutiasari
COPYRIGHT © ARSIP DUNIA 2021

By pass

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.