KKN tematik Unram sosialisasi "digital marketing" gandeng NTB Mall



Sembalun, Lombok Timur (ARSIP DUNIA) – Mahasiswa KKN Tematik Universitas Mataram mengadakan sosialisasi tentang Digital Marketing dengan menggandeng NTB Mall di Desa Sembalun Timba Gading, Kecamatan Sembalun, Lombok Timur.

Mengusung tema “Penguatan Manajemen Usaha dan Strategi Pemasaran pada UMKM di Desa Sembalun Timba Gading”, kegiatan ini diselenggarakan di aula kantor Desa Sembalun Timba Gading, Lombok Timur, Rabu.

Menurut Wawan, ketua kelompok KKN Tematik, kegiatan sosialisasi ini merupakan salah satu program utama yang direncanakan oleh mahasiswa KKN di Desa Sembalun Timba Gading, sebagai wujud kepedulian kami terhadap permasalahan utama para pelaku UMKM di Desa Sembalun Timba Gading ini, yaitu terkait pemasaran.

Sosialisasi ini dihadiri oleh perangkat desa, UMKM, kelompok PKK, Karang Taruna, dan POKDARWIS.  Materi yang diberikan meliputi perkenalan tentang pengertian Digital Marketing dan manfaatnya pada pegiat UMKM.

Ridwan Hardi, Kepala Desa Sembalun Timba Gading, mengatakan kegiatan sosialisasi ini sangat bagus mengingat warganya yang sebagian besar bermata pencaharian sebagai pedagang.

“Kalau berbicara ke depan, tentunya kita harus bisa bersaing dengan orang-orang di kota. Walaupun kita tinggal di desa, kita tidak boleh ketinggalan dengan pemanfaatan media sosial. Oleh karena itu, dengan adanya sosialisasi ini saya harap para pelaku UMKM Desa Sembalun Timba Gading bisa memanfaatkan ilmu yang didapatkan pada hari ini,” ungkapnya.

Sosialisasi berlangsung selama satu jam setengah dan di akhir acara terdapat sesi tanya jawab.

“Sosialisasinya dimulai terlalu siang, sehingga kita tidak terlalu fokus mendengarkan. Tapi kita juga memaklumi karena pemateri berangkat dari Mataram ke Sembalun juga membutuhkan waktu yang lumayan lama,” ungkap Idal, salah satu peserta sosialisasi.

“Saya sudah beberapa kali mengikuti acara sosialisasi tentang digital marketing, tetapi itu sebatas materi saja. Berbeda dengan sosialisasi kali ini, kita bisa langsung memasukkan produk di salah satu tempat perbelanjaan yaitu NTB Mall. Menurut saya ini adalah kelebihan dari sosialisasi lainnya yang pernah saya ikuti”, lanjutnya.

Tomi, Ketua Kelompok Dharma Wisata (POKDARWIS) juga menanggapi terkait sosialisasi tersebut.

Digital Marketing adalah hal yang jarang di ketahui oleh pegiat UMKM yang ada di Desa Sembalun Timba Gading. Saya sangat apresiasi dan berterima kasih kepada teman-teman KKN karena sudah menyelenggarakan kegiatan ini”.

“Semoga para UMKM yang hadir dapat menangkap beberapa poin inti yang di sampaikan dari sosialisasi tentang Digital Marketing ini, seperti cara membuat kemasan yang menarik, strategi pemasaran, dan lain sebagainya,” lanjut Tomi.

 

By pass

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.