Jakarta (ARSIP DUNIA) – Platform kredit Kredivo bekerja sama dengan penyedia identitas digital berstandar global VIDA meningkatkan skala proses pengajuan paylater bagi lebih banyak pengguna Kredivo.

CEO Kredivo Indonesia Umang Rustagi dalam keterangannya di Jakarta, Kamis menuturkan kerja sama tersebut dilatarbelakangi pertumbuhan paylater di Indonesia yang terus memperlihatkan sinyal positif dan Kredivo terus bertumbuh dan telah melayani lima juta pengguna.

“Untuk mengimbangi pertumbuhan paylater yang tinggi dengan perilaku konsumen yang selalu mencari pengalaman berbelanja yang nyaman, kami bekerja sama dengan VIDA, perusahaan teknologi lokal dengan standar internasional,” ujarnya.

Peningkatan skala proses pengajuan kredit tersebut, lanjutnya, juga demi menjaga komitmen Kredivo dalam hadirkan layanan keuangan inklusif melalui proses pengajuan yang sangat cepat kepada jutaan pengguna Kredivo saat ini dan untuk lebih dari 10 juta pengguna di Indonesia dalam beberapa tahun ke depan.

Proses pengajuan kredit Kredivo akan diperkuat dengan tanda tangan elektronik tersertifikasi atau tanda tangan digital (TTD) berdasarkan sertifikat elektronik yang diterbitkan oleh VIDA sebagai penyelenggara sertifikat elektronik berinduk Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Kehadiran sertifikat elektronik berdasarkan UU ITE tersebut mendorong identitas digital seseorang dapat menjadi sebuah bukti otentik sebagai alat otentikasi atau persetujuan yang legal dalam pengajuan kredit pengguna Kredivo. Tak hanya itu, penggunaan sertifikat elektronik VIDA dapat meningkatkan kerahasiaan, integritas data, hingga aspek non repudiation (nirsangkal) dari data pengguna Kredivo.

Co-Founder dan CEO VIDA Sati Rasuanto menyatakan VIDA siap untuk mendukung kebutuhan Kredivo dengan standar teknologi global agar dapat sama-sama bertumbuh dan mendorong perkembangan inklusi keuangan kedepannya.

“Mendapatkan kesempatan untuk bekerja sama dengan Kredivo sebagai pionir paylater di Indonesia yang hadirkan layanan keuangan yang inklusif bagi seluruh masyarakat Indonesia tentunya sesuatu yang kami sangat banggakan,” ucapnya.

Sati menuturkan bahwa VIDA terus menjunjung tinggi tiga nilai penting yang dihadirkan melalui produk-produknya, yaitu speed, scale and secure. Speed yakni kemampuan teknologi VIDA untuk memproses, memverifikasi dan melakukan otentikasi data pengguna dalam waktu singkat.

Kemudian, secure yakni memberikan jaminan lebih terhadap keamanan data dari pengguna dengan enkripsi end-to-end dan telah dijamin oleh berbagai akreditasi kelas global seperti ISO 27001 dan WebTrust.

Lalu, scale dimana dalam kerja sama ini teknologi VIDA mampu memproses pemrosesan data dalam skala besar. Hingga kini, VIDA mampu memproses lebih dari 800.000 identitas setiap harinya.

“Pemrosesan skala besar ini menjadi penting bagi pemilik bisnis, dimana perbedaan menit bahkan detik dalam jumlah penggunaan tanda tangan digital yang banyak akan sangat signifikan dalam efisiensi operasional perusahaan maupun layanan digital,” kata Sati.

Baca juga: Kredivo : Peningkatan limit dari DBS untuk inovasi teknologi digital

Baca juga: DBS : Tambahan limit “joint financing” ke Kredivo untuk perluas pasar

Baca juga: Kredivo perluas akses keuangan dan edukasi kesehatan di wilayah 3T

Pewarta: Kuntum Khaira Riswan
Editor: Kelik Dewanto
COPYRIGHT © ARSIP DUNIA 2022

By pass

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.