Jakarta (ARSIP DUNIA) – AFC resmi mengumumkan kenaikan jumlah kuota pemain asing untuk kompetisi klub tingkat benua mereka termasuk di dalamnya Liga Champions Asia, demikian disampaikan otoritas sepak bola Asia itu pada Jumat.

Melalui situs resminya, AFC menyatakan bahwa komite eksekutif telah menerima rekomendasi penambahan jumlah kuota pemain asing menjadi 5+1 per musim 2023/24 dari 3+1 yang sebelumnya berlaku.

Aturan itu tetap mempertahankan klausul bahwa dari total kuota pemain asing, sekurang-kurangnya satu di antaranya berasal dari negara-negara anggota AFC.

Baca juga: PSSI: tiga klub wakili Indonesia di Liga Champions Asia-Piala AFC 2023

Kebijakan itu menjadi langkah lanjutan dari penghapusan aturan kuota pemain asing yang tidak berlaku untuk kompetisi musim ini.

Dalam pernyataan yang sama, AFC juga mengkonfirmasi perpindahan jadwal kompetisi klub Asia menjadi berlangsung pada musim gugur hingga musim dingin, diawali untuk musim 2023/24 yang bergulir September 2023.

Selama ini, sejak pertama kali Liga Champions Asia digelar selalu dilangsungkan dengan jadwal sepanjang bulan Maret hingga November meskipun hal itu berubah dalam dua tahun terakhir karena terganggu pandemi COVID-19.

Babak praeliminasi rencananya musim 2022 dijadwalkan mulai bergulir pada Maret mendatang dengan fase akhir mulai bergulir Februari 2023 lantaran jadwal yang berselisih dengan putaran final Piala Dunia 2022 di Qatar pada November-Desember nanti.

Baca juga: Al Dawsari antar Al Hilal juarai Liga Champions Asia keempatnya

 

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ARSIP DUNIA 2022

By pass

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.