Jakarta (ARSIP DUNIA) – Hari ini seluruh umat Hindu di dunia merayakan Hari Raya Nyepi, beberapa di antaranya adalah para pesohor tanah air.

Nyepi dirayakan setiap Tahun Baru Saka. Hari ini jatuh pada hitungan Tilem Kesanga (IX) yang dipercayai merupakan hari penyucian dewa-dewa yang berada di pusat samudera yang membawa intisari amerta air hidup. Untuk itu umat Hindu melakukan pemujaan suci terhadap mereka.

Tujuan utama Hari Raya Nyepi adalah memohon ke hadapan Tuhan Yang Maha Esa, untuk menyucikan Bhuana Alit (alam manusia/microcosmos) dan Bhuana Agung/macrocosmos (alam semesta). Sebelum Hari Raya Nyepi, terdapat beberapa rangkaian upacara yang dilakukan umat Hindu, khususnya di daerah Bali.

Selama Nyepi, umat Hindu ini memperingatinya dalam keheningan selama 24 jam, biasanya dimulai pukul 06.00 hingga A keesokan harinya.

Beberapa artis Indonesia hari ini pun ikut merayakan Nyepi dalam keheningan, berikut ini adalah daftarnya.

Dewa Budjana

Sudah banyak yang tahu bahwa gitaris band Gigi ini merupakan penganut agama Hindu. Meski kerap menciptakan lagu-lagu religi untuk perayaan agama lain, pemilik nama asli I Dewa Gede Budjana ini kerap membagikan momen beribadah sesuai dengan kepercayaan umat Hindu.

Baca juga: Dewa Budjana kolaborasi dengan musisi dunia garap “Naurora”

Baca juga: Oka Antara raih penghargaan Asian Academy Creative Awards 2019

Oka Antara

Pemilik nama asli Nyoman Oka Wisnupada Antara ini sering membagikan kegiatan bersembahyang bersama istri dan ketiga anaknya. Oka merayakan Nyepi bersama keluarga di Jakarta.

Ade Rai

I Gusti Agung Kusuma Yudha Rai atau yang dikenal dengan nama Ade Rai, merupakan salah satu pesohor yang merayakan Nyepi.

Happy Salma

Sejak menikah dengan Tjokorda Bagus Dwi Santana Kertayasa pada 2010, Happy Salma menganut agama Hindu. Happy kini menetap di Bali dan sedang merayakan Nyepi.

Ajun Perwira

Ajun Perwira tetap beragama Hindu meski menikah dengan Jennifer Jill Supit yang menganut Kristen pada 2019. Keduanya memutuskan untuk menjalani kepercayaannya masing-masing.

Westny Dj

Pemilik nama asli Ni Made Westny Dwijayanti ini merupakan artis keturunan Bali. Dia yang kini menetap di Bali merupakan pemeluk agama Hindu.

“Salah satu kenikmatanku di perayaan Nyepi. Menikmati alam semesta seutuhnya dan bye hp. Semoga di Tahun Baru Caka 1944 ini dunia pulih normal kembali, segala aura dan orang-orang positif semakin didekatkan, alam semesta merestui apa yang kita harapkan,” kata Westny dikutip Kamis.

Laura Theux

Pemilik nama lengkap Ni Made Laura Theux ini merupakan artis yang menganut agama Hindu. Laura juga kerap menggungah foto kegiatan beribadahnya bersama keluarga.

Baca juga: Laura Theux batasi pakai media sosial

Baca juga: “Taksu Ubud”, geliat seniman dan budayawan Ubud di masa pandemi

Baca juga: Ajun Perwira tonton debat capres untuk tambah wawasan

 

Pewarta: Maria Cicilia
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © ARSIP DUNIA 2022

By pass

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.