Jakarta (ARSIP DUNIA) – Legenda Feyenoord Wim Jansen berpulang dalam usia 75 tahun, demikian disampaikan klub Liga Belanda itu pada Selasa.

“Dengan kesedihan mendalam Feyenoord mengkonfirmasi bahwa salah satu ikon klub ini Wim Jansen telah meninggal dunia,” demikian pernyataan resmi Feyenoord yang dikutip dari Reuters.

“Wim Jansen merupakan salah satu pesepak bola terbaik yang pernah bermain untuk Feyenoord. Ia berkontribusi untuk klub ini sejak masih berstatus pemain akademi, pemain senior, asisten pelatih, pelatih kepala, direktur teknis dan penasihat klub serta merupakan anggota tim Feyenoord tersukses sepanjang masa,” tulis pernyataan yang sama.

Sejak promosi dari level akademi pada 1965, Jansen menghabiskan karier tak kurang dari 15 tahun di Feyenoord dan membantu tim itu empat kali juara Liga Belanda, meraih satu trofi Piala KNVB Beker, Piala Champions (kini Liga Champions), Piala UEFA dan Piala Interkontinental.

Jansen juga membantu belanda dua kali menjadi runner-up Piala Dunia pada 1974 dan 1978 serta peringkat ketiga Euro 1976.

Setelah gantung sepatu Jansen menekuni karier kepelatihannya sejak di level pelatih akademi Feyenoord sebelum sempat menjabat sebagai pelatih kepala tim senior pada 1990-1993 serta sempat juga menangani klub Skotlandia Celtic.

Jansen bertanggung jawab atas pembelian salah satu pemain ikonik Celtic yakni Henrik Larsson yang dibelinya dari Feyenoord pada 1997.

Dalam buku otobiografinya berjudul “Mastermind” yang terbit tahun 2021 lalu, Jansen mengungkapkan bahwa dirinya mengidap demensia.

Baca juga: Ajax kudeta PSV dari puncak seusai menangi De Topper

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ARSIP DUNIA 2022

By pass

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *