Jakarta (ARSIP DUNIA) – Kenaikan kasus COVID-19 varian Omicron belakangan ini membuat semakin waspada dengan menerapkan protokol kesehatan dan hidup seimbang. Salah satu caranya adalah dengan memilih asupan makanan yang sehat, bergizi, dan enak.

Tidak hanya baik untuk tubuh, makanan yang enak dan sehat juga bisa membantu menjaga suasana hati sehingga dapat meningkatkan imunitas tubuh.

Makanan rumahan atau istilah saat ini comfort food bisa menimbulkan rasa hangat dan nyaman serta membangkitkan nostalgia. Makanan ini pun membaik memperbaiki suasana hati.

Berikut ini adalah rekomendasi comfort food untuk menemani hari dan menjaga suasana hati saat di rumah saja.

Baca juga: Restoran Spanyol ini punya hidangan istimewa rayakan Valentine

Bubur ayam

Bagi kebanyakan orang, bubur ayam menjadi menu favorit sarapan untuk memulai hari. Teksturnya yang lembut juga membuat bubur ayam menjadi pilihan makanan yang mudah dicerna ketika kondisi tubuh sedang tidak fit​.

Nasi yang dihaluskan menjadi bubur ini bisa mempermudah proses pencernaan dan penyerapan nutrisi oleh tubuh.

Pilihan pugasan atau topping bubur ayam yang beragam, dari mulai ayam suir, cakue, kacang, telur ayam, bahkan sampai topping kekinian, seperti keju dan kornet, dijamin bisa membuat perut kenyang dan suasana hati jadi senang.

Topping yang beragam ini juga menambah kandungan nutrisi seimbang dari bubur ayam, seperti ayam suwir dan kacang kedelai untuk asupan protein. Jangan lupa untuk pakai sambal secukupnya agar perut tetap nyaman setelah menyantap bubur ayam.

Overnight Oatmeal

Kalau bubur ayam jadi pilihan gurih untuk memulai hari, overnight oatmeal bisa jadi alternatif bagi Anda yang lebih suka makanan manis. Teksturnya yang lembut dan pilihan berbagai topping buah maupun biji-bijian dapat membuat makin sehat.

Cara membuatnya juga mudah, cukup rendam oatmeal dengan susu dan diamkan semalaman di kulkas. Pagi harinya, tambahkan buah favorit dan madu sebagai pemanis.

Oatmeal kaya akan serat dan baik untuk mengontrol kadar kolesterol. Kombinasi topping buah-buahan dan madu yang kaya antioksidan juga dapat memenuhi asupan vitamin Anda untuk memulai hari.

Wedang Ronde

Makanan rumahan yang hangat dan berkuah selalu bisa bawa hati jadi lebih tenang, tak terkecuali wedang ronde. Makanan ini terdiri dari bola-bola berbahan tepung tapioka dengan isian manis, dan kuah yang terbuat dari sari jahe dan gula aren.

Kombinasi jahe yang bermanfaat untuk mengurangi inflamasi di tubuh serta bola-bola yang kaya akan karbohidrat ini, bisa membuat tubuh tetap hangat di musim hujan.

Comfort food ini juga mampu membuat kenyang karena bola-bola manisnya terbuat dari tepung ketan dengan isian kacang.

Sop Buntut

Sop buntut bisa jadi pilihan comfort food setelah hari yang melelahkan. Asupan protein dari daging serta wortel dan kentang sebagai pelengkap sayuran jadi menu yang cocok untuk mengisi energi kembali.

Ditemani semangkuk nasi hangat, sop buntut sangat cocok dinikmati bersama keluarga sebagai menu makan malam bersama yang mengenyangkan. Tak hanya menghangatkan perut, tapi juga menghangatkan suasana di rumah.

Green Smoothie

Comfort food umumnya identik dengan guilty pleasure yang datang dari makanan-makanan tidak sehat, seperti menu makanan cepat saji, ataupun makanan yang digoreng. Untuk itu biasanya orang mencari detoks seperti green smoothie untuk mengurangi kandungan yang kurang baik dalam tubuh.

Smoothie dari pilihan buah dan sayur yang kaya akan antioksidan, seperti apel dan sayuran hijau, bisa jadi pilihan comfort food untuk memulai hari atau menutup hari dengan suasana hati yang baik.

Minuman ini mengandung asupan serat yang cukup dan memastikan Anda tetap terhidrasi, terutama setelah bekerja berjam-jam dan lupa minum air putih.

Baca juga: Ini menu sarapan favorit versi layanan pesan antar makanan

Baca juga: Asosiasi Pengusaha Pempek Palembang optimistis masuk pasar ekspor

Baca juga: Lima resep di platform video pendek yang bisa jadi inspirasi

 

Pewarta: Maria Cicilia
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © ARSIP DUNIA 2022

By pass

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.