Marciano Maluku harus berjaya di olahraga perairan priotitaskan cabang unggulan



Ambon (ARSIP DUNIA) – Ketua Umum KONI Pusat Marciano Norman berharap Maluku segera bangkit dan berjaya lagi di cabang olahraga yang mengutamakan perairan mengingat kondisi geografis daerah itu yang 92,4 persen merupakan lautan.

“Ke depan Maluku harus berjaya di cabang olahraga perairan seperti renang, dayung dan selam,” kata Marciano di Ambon, Selasa.

Marciano yang berada di Ambon dalam rangka membuka Musyawarah Olahraga Provinsi (Musorprov) XI KONI Provinsi Maluku, menyatakan, karakteristik wilayah yang 92,4 persen merupakan laut membuat masyarakat Maluku terbiasa dengan jenis-jenis olahraga perairan.

Cabang olahraga seperti dayung, renang, selam, layar sudah terbiasa dilakoni dalam keseharian masyarakat di Maluku, sehingga sudah sepatutnya dikembangkan lebih optimal menjadi olahraga prestasi.

Musorprov yang mengusung tema “Konsolidasi komponen olahraga prestasi Maluku dalam rangka meraih prestasi pada PON XXI Aceh – Sumatra Utara”, diharapkan dapat menyusun program kerja lima tahunan yang memprioritaskan pembinaan cabang olahraga unggulan dan prioritas.

“Maluku harus prioritas cabang olahraga unggulan, jangan semua. Apakah itu dayung, renang, selam. Olahraga air harus jadi prioritas dan unggulan,” ujar mantan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) itu.

Cabang dayung, menurutnya merupakan salah satu olahraga prioritas unggulan karena pada PON XX di Provinsi Papua 2-15 Oktober 2021, Maluku telah mampu mendulang tiga medali emas, dua perak dan satu perunggu.

Setelah cabang olahraga perairan, KONI juga perlu menyusun skala prioritas pengembangan bagi cabang olahraga yang selalu menyumbang medali bagi daerah di berbagai even skala nasional maupun internasional seperti tinju dan atletik.

“Jadi hanya hanya cabang unggulan dan penyumbang medali saja yang diprioritaskan dan difokuskan pembinaannya berkelanjutan, sehingga menghasilkan atlet potensial dan berkualitas. Ini bukan berarti pilih kasih terhadap olahraga lain, pembinaannya tetap dilakukan tetapi dengan skala prioritas,” ujarnya.

Dia berharap dengan pembinaan berjenjang dan kontinyu prestasi olahraga provinsi Maluku akan bangkit kembali dan para atletnya mampu berjaya di berbagai even di dalam dan luar negeri.

Marciano menaruh harapan besar kepada Gubernur Maluku Murad Ismail yang mencalonkan diri sebagai calon tunggal Ketua Umum KONI Maluku dan akan dipilih dalam Musorprov, membawa olahraga Maluku berjaya kembali.

 

By pass

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *