Jakarta (ARSIP DUNIA) –

Honda Prospect Motor mulai mendistribusikan All New Honda BR-V sejak diperkenalkan pada akhir tahun lalu, dan menjadi salah satu “barang panas” di segmen low SUV.

Honda Prospect Motor kemudian mengajak para pawarta untuk menjajal performa All New Honda BR-V dengan rute Jakarta – Solo, namun sempat singgah di Semarang, Jawa Tengah dengan jarak tempuh lebih dari 500 km.

Salah situ fitur yang dijajal selama perjalanan adalah “Honda Sensing”, terutama saat melintasi ruas jalur Tol Jakarta-Cikampek-Trans Jawa. Fitur itu memberikan kemudahan kepada pengemudi selama perjalanan. Manfaat lainnya adalah memberikan perlindungan menyeluruh kepada pengemudi dan penumpang karena mampu memberikan peringatan untuk secara otomatis mengambil tindakan demi mengurangi risiko kecelakaan.

Sistem Honda SENSING menggunakan front wide view camera yang dapat mendeteksi titik target dan mengenali atribut objek seperti kendaraan bahkan pejalan kaki. Ada juga fitur Adaptive Cruise Control (ACC) yang menurut cukup membantu mengurangi rasa lelah saat berkendara di jalur yang panjang dengan situasi jalan yang tidak begitu padat.

Fitur itu merupakan fungsi pendukung untuk menjaga jarak dengan mobil sebelumnya. Saat berkendara di jalan raya, sistem dapat mendukung operasi akselerasi dan pengereman untuk mengurangi beban pengemudi.

 

Fitur juga bisa merespons lebih cepat saat berpindah ke jalur secara terbuka dari belakang mobil yang lebih lambat, dan saat mobil yang lebih lambat keluar dari jalur di depan.

Kendati demikian, ACC baru akan aktif jika kendaraan bergerak dengan kecepatan 30 km/jam atau lebih. Selain itu, pengemudi diimbau tidak terlena dan agar tetap waspada selama perjalanan, sebab pengawasan dari sang driver selama perjalanan selalu dibutuhkan.

 

Selain itu, fitur yang tidak kalah berguna dan membantu mencegah terjadinya kecelakaan adalah Road Departure Mitigation System (RDM). Fitur itu dapat memberikan informasi apabila pengendara menjalankan mobil tidak sesuai jalur atau marka jalan.

Fitur itu tidak berfungsi apabila pengemudi memberikan isyarat untuk berbelok atau berpindah jaluh menggunakan lampu sign. 

 

 

Ruang infotainment dan Anti bising

Perjalanan yang ditempuh selama 9 jam tentu membuat penumpang dan pengemudi merasa lelah dan jenuh. Namun hal itu bisa diatasi dengan sistem hiburan baru yang diusung All New Honda BR-V, antara lain Apple CarPlay dan Android Auto. Layar hiburan layar sentuh 7 inci itu dibekali fungsi dan koneksi menuju telepon pintar.

Untuk menjaga penumpang tetap terhubung selama perjalanan, mobil yang semula diperkenalkan dengan nama N7X itu menyediakan power outlet di berbagai titik pada kursi depan hingga belakang.

 

All New Honda BR-V (ARSIP DUNIA/Chairul Rohman)

 

All New Honda BR-V memiliki peredam yang cukup baik sehingga suara dari sisi luar tidak terlalu masuk ke dalam ruang kabin.Hal itu terbukti, ketika melintasi Tol Semarang menuju Solo dengan kondisi hujan yang lebat. Suara hujan yang terdengar tidak terlalu bising dan para penumpang masih bisa mendengarkan lagu dan ngobrol dengan nyaman tanpa perlu mengeluarkan suara yang ekstra.

Honda memberikan peningkatan untuk mengatasi kebisingan yang ada di mesin All New Honda BR-V seperti penutup kepala mesin yang sudah disempurnakan untuk mengurangi radiasi suara mesin, kemampuan penutup Uretan ditingkatkan untuk mengurangi radiasi suara mesin.

 

Lalu ada juga side mounted dengan modul dinamis untuk mengurangi getaran, trans mounting ditingkatkan untuk mengurangi getaran dan dudukan batang torsi disempurnakan untuk mengurangi getaran. All New Honda BR-V juga sudah mengoptimalkan beberapa bagian dan area, termasuk sistem insulasi suara, spakbor belakang, penutup bawah, dan kap mesin.

 

All-new BR-V mengaplikasikan spray foaming di area panel bodi untuk meningkatkan keheningan, serta mencegah masuknya debu dan bau tidak sedap dari luar, yang meningkatan tingkat kedap udara kabin lebih dari 60 persen dibandingkan model sebelumnya.

 

Kenyamanan lainnya juga datang dari sisi suspensi yang sudah mendapat revisi, , sehingga memberikan rasa yang lebih stabil dan juga minim akan body roll.

 

All-new BR-V memiliki platform yang benar-benar baru yang menghasilkan pengurangan bobot yang lebih baik, kekakuan yang lebih tinggi, dan peningkatan kinerja keselamatan tabrakan.

 

Suspensi depan All-new BR-V saat ini menggunakan MacPherson Strut disetel ulang dengan kekakuan lebih tinggi. Sedangkan Suspensi belakang menerapkan high-torsional rigidity dan light weight Torsion Beam, serta penyesuaian geometri pada suspensi belakang untuk performa redaman dan kenyamanan yang lebih baik.

 

All New Honda BR-V (ARSIP DUNIA/Chairul Rohman)

 

Mesin 

 

Tidak lengkap rasanya jika perjalanan jarak jauh jika tidak ditopang kinerja mesin yang bertenaga. All New Honda BR-V dibekali mesin berkode L15ZF 1.500cc empat silinder i-VTEC DOHC yang menghasilkan tenaga 121ps pada rentang 6.600 rpm dengan torsi maksimum mencapai 145 pada 4.300 rpm.

 

Mesin yang juga digunakan City Hatchback itu tergolong cukup responsif untuk melakukan perjalanan jauh. Meski kadang ketika memulai dari RPM rendah harus menginjak pedal agak lebih dalam ketika harus mengejar rombongan yang ada di depan.

 

Mesin dari All-new BR-V juga sudah mencapai standar tinggi regulasi Euro 4. Mesin dengan keseimbangan tinggi itu menghasilkan efisiensi bahan bakar dan pengalaman berkendara tingkat tinggi dalam kombinasi dengan CVT atau MT 6 speed.

 

Fitur unggulan dari mesin ini adalah kemampuan torsi dan efisiensi bahan bakar pada putaran mesin rendah dan menengah. Meski tenaga dan torsi maksimum hampir sama dengan kemampuan mesin BR-V sebelumnya, namun intelligent valve control dari fitur VTEC dan VTC dapat meningkatkan kemampuan torsi secara signifikan dari start hingga ke atas 4.000 rpm.

 

Mesin baru ini memanfaatkan teknologi kontrol katup akurasi tinggi “DOHC + VTEC + VTC” yang meningkatkan efisiensi pembakaran, mengurangi gesekan, dan mengurangi emisi (zat berbahaya dalam gas buang). Ini adalah mesin berperforma tinggi dengan dampak lingkungan rendah namun mampu mewujudkan tenaga tinggi dan torsi besar.

 

Berikut harga dari All New Honda BR-V:

All New Honda BR-V S MT Rp275,9 Juta

All New Honda BR-V E MT Rp289,9 Juta

All New Honda BR-V E CVT Rp299,9 Juta​​​​​​​

All New Honda BR-V Prestige CVT Rp321,9 Juta​​​​​​​

All New Honda BR-V Prestige CVT with Honda SENSINGTM Rp339,9 Juta

Baca juga: Krisis semikonduktor hambat produksi Honda

Baca juga: PPnBM tak kunjung pasti, pemesanan mobil Honda turun 50 persen

Baca juga: HPM fokus ke mobil segmen LSUV seiring meningkatnya pasar

Pewarta:
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ARSIP DUNIA 2022

By pass

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *