Jakarta (ARSIP DUNIA) – Setelah mendapat perhatian lebih pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021, PT Astra Honda Motor (AHM) mengajak rekan-rekan media merasakan langsung rasa berkendara sepeda motor Sport Adventure Touring 150cc, yakni New CB150X.

New CB150X yang asyik bermain sendiri di segmen sport touring itu memiliki harga mulai dari Rp32,950 juta untuk versi biasa dan Rp33,4 juta untuk versi SE.

Dalam kesempatan ini, ARSIP DUNIA mendapatkan kesempatan untuk mencoba motor itu. Kesan petualang terasa ketika kami menaiki jok yang sudah mendapat desain ulang dari versi yang sebelumnya. Desain ini memang dihadirkan untuk orang-orang yang senang berlama-lama di atas kendaraan.

Selain itu, motor itu juga memiliki tampilan yang memperkuat identitas motor yang berada di segmen Sport Adventure Touring, yakni wajah yang lebih runcing serta dilengkapi visor di bagian depannya.

Baca juga: Potensi motor segmen sport dan adventure touring di Indonesia

Baca juga: AHM edukasi ribuan pemuda berkendara aman dan nyaman

 

Honda New CB150X (ARSIP DUNIA/AHM)




Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM), Endro Sutarno mengungkapkan bahwa motor ini memiliki bobot yang lebih besar dari pada yang sebelumnya dikarenakan banyaknya part tambahan yang tertanam di kendaraan ini.

“Motor ini memiliki bobot 4 kilo lebih banyak dari yang CB150 streetfire, karena adanya tambahan-tambahan yang tertanam di motor ini,” ungkap Endro Sutarno di AHM Safety Riding and Training Center Deltamas, Cikarang, Jawa Barat, Senin

Perubahan yang paling mendasar dari kendaraan ini adalah suspensi bagian depan dan juga belakang yang sudah disesuaikan untuk kelasnya. Suspensi  depan memiliki ukuran lebih panjang untuk menambah kenyamanan saat melintasi jalur gravel.

Dalam pengujiannya, suspensi yang diperpanjang ini masih bisa ditoleransi saat melintasi speed bump yang sudah disediakan dalam lintasan dan terbukti masih nyaman oleh perusahaan di jalur uji coba AHM Safety Riding and Training Center Deltamas, Cikarang, Jawa Barat.

PT AHM menyebut bahwa model ini memiliki suspensi depan yang kokoh, undercowl bergaya adventure, dan wavy disc brake pada roda depan dan belakang yang mampu memberikan kestabilan ketika melakukan pengereman saat turing di perkotaan maupun ketika menjelajah jarak jauh bersama teman.

Honda New CB150X (ARSIP DUNIA/AHM)




PT AHM meyakini bahwa motor ini tidak memiliki perubahan pada sisi mesin. Yang berarti, mesin motor masih menggunakan 150cc DOHC berpendingin cairan dengan transmisi 6-percepatan yang menawarkan tenaga 11,5kW/9.000rpm dan torsi maksimum 13,8Nm/7.000rpm.

“Untuk mesin, motor ini tidak memiliki perubahan. Hanya saja motor ini memiliki tenaga yang berbeda. Tenaga mulai terasa ketika pada rpm7000-8000,” ucap Endro Sutrano.

Ketika kami melintasi track lurus, hal itu benar terbukti adanya. Pada tarikan bawah, motor ini tidak begitu terlalu ganas tarikannya dan masih terbilang biasa saja. Kendati demikian, ketika memasuki rpm 7000 ke atas motor ini langsung menunjukan taringnya sebagai kendaraan Sport Adventure.

Honda New CB150X (ARSIP DUNIA/AHM)




Meski begitu, dengan lintasan yang terbatas ini kami belum bisa sepenuhnya menjamah tenaga dari kendaraan ini. Berbicara handling, kendaraan ini cukup asik dan sudah sesuai dengan segmen yang dituju.

New CB150X hadir dengan tiga pilihan warna yaitu Mandala Red, Amazon Matte Green dan Volcano Matte Black untuk tipe Special Edition (SE).

Baca juga: Honda umumkan harga CB150X, mulai Rp32,9 juta

Baca juga: AHM resmikan Safety Riding Lab Astra Honda yang ke-4

Baca juga: Honda New CB150X laris manis di GIIAS 2021

Pewarta:
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ARSIP DUNIA 2021

By pass

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *