Jakarta (ARSIP DUNIA) – PT Honda Prospect Motor (HPM) memberikan kesempatan kepada rekan-rekan jurnalis untuk merasakan langsung performa All New BR-V di pabrik PT Honda Prospect Motor, Karawang, Jawa Barat pada Senin (29/11).

Melalui test drive itu, peserta dapat merasakan ubahan dan pembaruan fitur pada All New BR-V yang mengusung tampilan berbeda dari pendahulunya, yakni tampilan eksterior yang kalem sekaligus elegan. Hal itu dapat langsung terlihat pada tampilan wajah, sisi samping dan interior All New BR-V yang sangat berbeda dengan versi sebelumnya.

Kendati demikian, mobil yang dirasakan oleh para jurnalis ini bukanlah kendaraan yang sudah fix atau akan diproduksi secara massal, melainkan masih sebagai kendaraan contoh yang mendekati sempurna untuk memasuki fase produksi.

“Mobil ini belum mobil mass production, masih mobil trial tapi ya sudah mendekati mass production. Karena kan mass pro-nya baru dilakukan pada pertengahan-akhir Desember ini dengan nomor rangka tahun 2022,” ungkap Yusak Billy selaku Business Inovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor di lokasi itu.

Sebelumnya, mobil itu hadir dalam bungkusan mobil konsep yang mereka beri nama N7X Concept sebelum diumumkan dengan nama BR-V. Meskipun baru masuk fase produksi, HPM menyatakan bahwa mobil itu sudah mencatatkan setidaknya ribuan SPK hingga saat ini.

Baca juga: Honda patok target 40 ribu per tahun untuk All New BR-V

Baca juga: Honda gunakan teknologi kecerdasan buatan hindari potensi kecelakaan

 

All New Honda BR-V (ARSIP DUNIA/HPM)

Berbagai pembaruan yang terlihat jelas dan mudah dirasakan adalah kekedapan suara pada bagian dalam interior yang lebih baik daripada generasi yang sebelumnya.

Hal itu, berkat adanya semprotan busa dan struktur panel tertutup di sekitar area panel bodi untuk meningkatkan ketenangan, mencegah debu dan bau tidak sedap dari luar.

Dengan hadirnya semprotan busa, HPM mengklaim bahwa kendaraan ini lebih kedap 60 persen dibandingkan dengan generasi pendahulunya. Hal itu terbukti ketika ARSIP DUNIA mencoba uji kendaraan ini dengan berbagai kondisi jalan yang sudah dipersiapkan.

Dengan kekedapan suara yang lebih baik dan desain interior terbaru, mobil ini cukum untuk membuat penumpang lebih betah sehingga dapat memberikan nilai tambah berupa kenyamanan untuk keluarga.

Untuk menambah kenyamanan saat berjalan bersama keluarga, HPM telah menghadirkan suspensi depan yang menggunakan MacPherson Strut yang disetel ulang dengan kekakuan yang lebih tinggi.

Sedangkan auspensi belakang menerapkan high-torsional rigidity dan light weight Torsion Beam, dengan penyesuaian geometri pada suspensi belakang untuk performa redaman dan kenyamanan yang lebih baik.

Berbicara kinerja mesin, HPM lagi-lagi mengklaim bahwa mobil ini lebih bertenaga daripada generasi yang sebelumnya. Hal itu dibuktikan dengan menghadirkan kendaraan BR-V generasi sebelumnya guna membedakan tarikan mesinnya dari putaran bawah hingga atas.

Sebagaimana diketahui bersama All-new BR-V menggunakan mesin 1.5L i-VTEC berbahan bakar bensin (In-line 4-silinder/DOHC/In-port injection) dengan tenaga maksimal 121 PS @6.600 rpm dan torsi maksimal 145 Nm @ 4.300rpm.

Dengan begitu, mobil ini memiliki catatan yang baik dengan peningkatan tenaga sekitar kurang lebih 3 persen dari generasi sebelumnya dan ditambah dengan konsumsi bahan bakar yang juga lebih baik.

Menurut catatan yang diberikan oleh HPM, mesin ini menghasilkan torsi dan efisiensi bahan bakar pada putaran mesin rendah dan menengah.

Meski tenaga dan torsi maksimum hampir sama dengan kemampuan mesin BR-V sebelumnya, namun intelligent valve control dari fitur VTEC dan VTC dapat meningkatkan kemampuan torsi secara signifikan dari start hingga ke atas 4.000 rpm.

Mesin baru ini memanfaatkan teknologi kontrol katup akurasi tinggi “DOHC + VTEC + VTC” yang meningkatkan efisiensi pembakaran, mengurangi gesekan, dan mengurangi emisi (zat berbahaya dalam gas buang). Ini adalah mesin berperforma tinggi dengan dampak lingkungan rendah namun mampu mewujudkan tenaga tinggi dan torsi besar.

 

All New Honda BR-V (ARSIP DUNIA/HPM)

ALl New BT-V juga dilengkapi fitur keamanan yang cukup lengkap. Mulai dari teknologi tertinggi dari Honda, yakni SENSINGTM yang dapat mendeteksi titik fitur target dan mengenali atribut objek seperti kendaraan atau pejalan kaki.

Dalam hal ini, fitur lainnya juga hadir dari SENSINGTM antara lain Collision Mitigation Braking System (CMBS), Adaptive Cruise Control (ACC), Road Departure Mitigation System (RDM). Selain itu, hadir juga Auto High-Beam (AHB), Lead Car Departure Notification System (LCDN) yang akan semakin menambah rasa nyaman dan percaya diri saat mengendarai kendaraan ini.

Kendati demikian, pada sesi test drive ARSIP DUNIA belum bisa merasakan fitur itu secara keseluruhan. Pada saat itu hanya berkesempatan untuk merasakan nikmatnya peningkatan tenaga yang dimiliki oleh All New Honda BR-V.

Dengan begitu, kendaraan yang hanya diproduksi di Indonesia dengan lokal konten mencapai 84 persen ini memberikan suguhan yang luar biasa mulai dari perubahan kedap suara yang menjadi perhatian penting hingga tenaga yang dihasilkan sudah sangat cukup untuk sebuah mobil yang dikhususkan untuk sebuah keluarga.

Berikut harga dari All New Honda BR-V:

All New Honda BR-V S MT Rp275,9 Juta

All New Honda BR-V E MT Rp289,9 Juta

All New Honda BR-V E CVT Rp299,9 Juta

All New Honda BR-V Prestige CVT Rp321,9 Juta

All New Honda BR-V Prestige CVT with Honda SENSINGTM Rp339,9 Juta

Baca juga: All New Honda BR-V catatkan ribuan SPK sejak pertama diperkenalkan

Baca juga: Honda rilis harga resmi All New Honda BR-V

Baca juga: Suzuki XL7 lebih jangkung dari Ertiga, bagaimana manuvernya?

Pewarta:
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ARSIP DUNIA 2021

By pass

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *