Jakarta (ARSIP DUNIA) – PT Honda Prospect Motor (HPM) kembali mengadakan sesi test drive bagi jurnalis untuk mencicipi sensasi berkendara sedan sporty yang baru diluncurkan pada akhir Oktober lalu, yakni All New Honda Civic RS.

Pengalaman pertama menaiki All New Honda Civic RS Generasi ke-11 ini memberikan kesan yang cukup baik. Dimulai dari tampilan, kendaraan yang banyak dipesan oleh Eksekutif uda ini memang sangat menonjolkan aura sporty yang berjiwa muda.

Baca juga: Suzuki gelar program “test drive” akhir tahun untuk Ertiga dan XL7

Hal itu terlihat jelas berkat hadirnya perubahan desain grill depan yang menyatu dengan full LED Headlight yang juga dilengkapi dengan LED Daytime Running Light dan LED Turning Signal.

Untuk menegaskan kesan yang sporty, Honda secara tegas menempelkan label RS pada bagian depan dan juga pada bagian belakang dari kendaraan sedan All New Honda Civic RS yang kini menggantikan peran dari Civic Hatchback di Indonesia.

Tampilan luar yang menegaskan kesan sporty juga datang dari Sporty Aero Trunk Spoiler, 17 inci Sporty Matte Black Alloy Wheels serta Shark Fin Antenna dan gagang pintu mobil dengan aksen hitam semakin mempertegas kesan sporty dari mobil ini.

Baca juga: Mencicipi MPV premium Hyundai Staria sejauh 300 KM

All New Honda Civic RS (ARSIP DUNIA/Chairul Rohman)

Memasuki bagian dalam All New Honda Civic RS, terasa tampilan yang elegan menjadi sambutan selamat datang, berkat honeycomb yang disematkan oleh All New Honda Civic RS pada bagian dalamnya yang membentang, hingga kendaraan ini terlihat lebih luas.

Kami juga merasakan interior yang dibangun oleh para insinyur Honda, sangat terhubung dengan jiwa anak muda yang memiliki banyak keinginan dalam sebuah kendaraan yang dimilikinya.

 

All New Honda Civic RS (ARSIP DUNIA/Chairul Rohman)




Penggunaan material bahan untuk jok, setir kemudi hingga pedal itu semua dipikirkan dengan baik-baik sehingga kendaraan ini memberikan rasa yang nyaman dan betah berlama-lama di dalam mobil.

Baca juga: Test drive Nissan Kicks di tiga jenis jalan berbeda

Mesin powerfull

Berbicara sedan All New Honda Civic dengan emblem RS ini memang kental sekali dengan nuansa sport, hal itu dibuktikan dengan performa yang luar biasa. Meski perjalan yang dilakukan cukup singkat hanya dari Jakarta menuju Alam Sutera dan balik ke Jakarta, tentu banyak yang masih fitur-fitur yang belum bisa jamah.

Kendati demikian, untuk urusan tenaga mobil ini sudah lebih dari cukup jika hanya digunakan untuk perjalanan dalam kota seperti yang kami lakukan untuk menguji kendaraan ini.

Sebagaimana diketahui bersama, All New Honda Civic RS hadir dengan mesin yang telah disempurnakan, yakni 1.5 liter DOHC VTEC Turbo dengan tenaga yang dihasilkan adalah 178 PS pada 6.000 rpm dan torsi maksimum 240 Nm pada 4.500 rpm, HPM mengklaim ini terbesar di kelasnya.

Mobil ini hadir dengan tiga mode berkendara, yaitu Eco, Normal dan Sport. Tim ARSIP DUNIA yang mendapat kesempatan untuk mengemudi kendaraan ini langsung mencobanya dengan berbagai mode.

Ketiga memiliki karakter yang berbeda, namun tetap ganas tarikan yang diberikan oleh mobil ini. Jambakan yang dihasilkan ketika kami menggunakan mode Sport sudah terasa sejak rpm berada pada angka 3000-35000.

Sedangkan mode Normal dan juga Eco memiliki tarikan yang halus di awal-awalnya, meski ujung-ujungnya mode ini sama sama ganas untuk tarikan atasnya.

Untuk urusan keselamatan, mobil in sudah hadir dengan berbagai teknologi keselamatan yang canggih, Honda Sensing salah satunya. Honda Sensing Sendiri hadir dengan berbagai fitur seperti Lead Car Departure Notification System (LCDN).

Selain itu ada pula Collision Mitigation Brake System (CMBS), Lane Keeping Assist System (LKAS), Road Departure Mitigation (RDM), serta Adaptive Cruise Control (ACC), dan Auto-High Beam.

Hasilnya, mobil yang dibanderol seharga Rp567 juta ini sungguh luar biasa. Dalam kesempatan ini, untuk meyakinkan keganasan dari mesin ini, Honda juga  mengadakan sesi Slalom Test bersama dengan Alvin Bahar di BSD, Tangerang menggunakan sedan All New Honda Civic RS.

Baca juga: Suzuki: Permintaan “test drive” di rumah naik selama pandemi

Baca juga: Impresi MG ZS, SUV baru “kawin silang” Inggris-China

Baca juga: Menjajal Honda Civic Hatcback RS Jakarta-Tangerang

Pewarta:
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ARSIP DUNIA 2021

By pass

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.