Jakarta (ARSIP DUNIA) – Miliarder dan investor George Soros membeli hampir 20 juta saham untuk perusahaan rintisan (startup) truk listrik Rivian Automotive Inc pada kuartal yang berakhir 31 Desember, berdasarkan data dari pengajuan sekuritas setempat, dikutip dari Reuters, Selasa.

Sebanyak 19.835.761 saham, bernilai sekitar 2 miliar dolar AS pada saat itu, menjadikan Soros Fund Management di antara investor paling terkemuka di perusahaan.

Rivian, yang 20 persen sahamnya dimiliki oleh Amazon.com Inc, diharapkan dapat menyediakan lebih dari 100 ribu truk listrik bagi perusahaan e-commerce tersebut.

Rivian yang berbasis di Irvine, California mengatakan pada bulan Desember bahwa pihaknya memperkirakan produksi akan turun “kurang beberapa ratus kendaraan” dari target 2021 sebesar 1.200 karena kendala rantai pasokan, menyoroti kemungkinan tantangan dalam meningkatkan produksi untuk menghadapi pemimpin kendaraan listrik (EV) saat ini, Tesla Inc.

Saham Rivian turun 9 persen pada hari Jumat pekan lalu dan turun 43 persen untuk tahun ini.

Harga saham turun 67 persen dari tertinggi 179,46 dolar AS yang disentuh pada 16 November, kurang dari seminggu setelah mengumpulkan sebanyak 12 miliar dolar AS dalam debut saham terbesar tahun 2021.

Baca juga: Rivian produksi 1.015 kendaraan sepanjang 2021

Baca juga: Rivian tunda pengiriman truk listrik & mobil sport listrik hingga 2023

Baca juga: Valuasi Rivian bisa dekati Honda Motor jelang IPO di AS

Pewarta:
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ARSIP DUNIA 2022

By pass

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.