Jakarta (ARSIP DUNIA) – Perancang busana dari Indonesian Fashion Chamber (IFC) Lisa Fitria berpendapat motif floral yang dicampur motif geometris dan logo monogram masih menjadi tren busana Lebaran wanita pada tiga tahun terakhir.

Dia, dalam wawancara tertulis kepada ARSIP DUNIA, Minggu mengatakan, berbicara warna, warna-warna pastel yang menampilkan gaya klasik elegan dan feminin romantis masih disukai sebagian wanita di Indonesia.

Baca juga: Tips tampil kompak dengan anak di momen Ramadhan

“Karena pada dasarnya wanita Indonesia mayoritas menyukai gaya ini. Hal ini bisa terlihat brand-brand busana muslim mengeluarkan koleksi lebaran hampir mirip,” kata dia.

Menurut Lisa yang setahun lalu mengeluarkan koleksi bertema “Teman Tapi Mesra” atau “TTM” dalam pergelaran closing ceremony “Spotlight Indonesia” itu, perbedaan Lebaran tahun ini dibandingkan sebelumnya yakni pada tren pola belanja masyarakat seiring Indonesia memasuki masa endemi COVID-19.

“Masyarakat berlomba-lomba bikin banyak acara keluarga maupun acara komunitas,” kata dia.

Peluang inilah yang kemudian dimanfaatkan para pemilik jenama busana muslim untuk mengeluarkan beberapa tema koleksi demi memenuhi permintaan konsumen mereka.

Di sisi lain, mengenakan busana sarimbit atau memiliki kesamaan warna dan corak tetap menjadi tren di sebagian keluarga, mengingat ini telah menjadi budaya di masyarakat saat merayakan Idul Fitri. Menurut Lisa, alasannya, karena busana ini dapat menjadi pernyataan kekompakan atau citra keluarga yang rukun dan bahagia.

Baca juga: Aleza hadirkan koleksi “The Pandora” untuk sambut Ramadhan

Sarimbitan sudah menjadi semacam statement kekompakan atau citra keluarga yang bahagia dan rukun. Untuk itu kenapa hampir mayoritas brand muslim mengeluarkan koleksi sarimbitan untuk keluarga,” jelas dia.

Lebih lanjut, Lisa memberikan tips bagi orang-orang dalam memilih busana sarimbit. Untuk wanita, disarankan memilih tiga potong pakaian yang terdiri dari long dress, outer vest dan bawahan misalnya kulot atau celana. Tiga potong pakaian ini nantinya bisa dipadu padan menghasilkan tiga tampilan berbeda.

Sementara untuk pria, juga disarankan memilih satu kemeja lengan pendek dan kemeja lengan panjang dengan detail tali berkancing pada bagian lengan sehingga dapat digulung menjadi lengan pendek.

“Lengan panjang yang pada bagian lengan dikasih detail tali berkancing di lengan untuk pilihan tampil casual atau dipanjangkan untuk tampil formal,” kata Lisa.

Lalu, untuk warna dan motif, bisa memilih warna yang senada dengan tone lebih muda atau lebih tua gradasi agar saat padu padan terlihat berbeda-beda tampilannya dan bergaya.

“Sehingga pada saat mengunjungi banyak kerabat serasa memakai berbagai macam gaya pakaian,” demikian pesan Lisa.

Baca juga: Rekomendasi baju yang nyaman untuk anak selama Ramadhan

Baca juga: Pasar Tanah Abang diserbu pembeli baju Lebaran pada Minggu pagi

Baca juga: Melati, batik Garut dan songket dalam koleksi busana Lebaran 2023

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ARSIP DUNIA 2023

By pass

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *