membangkitkan minat masyarakat untuk berpariwisata

Jakarta (ARSIP DUNIA) – Plt. Direktur Komunikasi Pemasaran Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Firnandi Gufron mengatakan bahwa skema digitalisasi yang tepat dapat mempercepat pemulihan pariwisata usai terpukul pandemi COVID-19.

Firnandi mengatakan, skema strategi digital yang tepat bisa dimulai melalui edukasi destinasi wisata, termasuk budaya dan keunggulan setiap wilayah untuk memancing masyarakat mengunjungi lokasi tersebut.

“Jika dimanfaatkan dengan betul layanan digital untuk mengenalkan destinasi-destinasi wisata dan pariwisata serta mengangkat UMKM di sekitarnya, ujung-ujungnya itu dapat meningkatkan ekonomi dan berpengaruh ke hal lainnya mulai dari munculnya peluang usaha dan lapangan pekerjaan baru,” kata Firnandi dalam acara virtual, Kamis.

Baca juga: BI dorong kebangkitan UMKM-wisata di Bangli berbasis QRIS

Kemenparekraf pun mendukung lebih banyak kolaborasi yang mengedepankan solusi dan inovasi di ruang digital untuk mempromosikan sektor pariwisata Indonesia. Salah satu program pemanfaatan ruang digital lewat kolaborasi antara pemerintah dan pihak swasta adalah program bertajuk “Jelajah #SerunyaIndonesia”.

Program itu disiapkan untuk memeriahkan perayaan Hari Ulang Tahun ke-77 Republik Indonesia yang mengambil tema “Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat”.

Nantinya kolaborasi itu akan menggandeng empat kreator konten muda yang akan mengajak pengguna platform media sosial untuk mengeksplorasi 77 destinasi wisata lewat siaran langsung di platform media sosial tersebut.

Eksplorasi destinasi wisata secara virtual itu diharapkan tidak hanya memberikan dorongan untuk berwisata tapi juga dapat memberikan edukasi bermanfaat kepada para penontonnya.

“Program ini akan mengekspos beragam keindahan destinasi wisata di Indonesia dan mengetalase-kan di salah satu platform digital dengan pengguna terbanyak,” tutur¬†Firnandi.

“Ini merupakan wujud nyata dari digitalisasi yang akan membangkitkan minat masyarakat untuk berpariwisata, mengenal keunikan budaya bangsa, dan menggerakkan perekonomian terutama UMKM. Kami menyambut dengan sukacita inisiasi dari kolaborasi ini, karena dampak positif yang akan dihasilkan dapat berkontribusi untuk sektor pariwisata yang sempat meredup di masa COVID-19,” kata Firnandi.

Adapun pihak swasta yang terlibat dalam program ini ialah TikTok Indonesia dan tiket.com, menunjukkan sinergi antar sektor mampu mendorong pemulihan bagi Tanah Air sesuai dengan tema HUT ke-77 RI.

Baca juga: Digitalisasi dorong ekosistem wisata NTT lebih maju & berkelanjutan

Baca juga: Kemenparekraf dan OYO kolaborasi digitalisasi desa wisata

Baca juga: Digitalisasi dorong investasi dan eksposur pariwisata di daerah

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ARSIP DUNIA 2022

By pass

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.