Pemkab Sigi  sosialisasikan pengembangan singkong


Sigi, Sulawesi Tengah (ARSIP DUNIA) – Pemerintah Daerah Kabupaten Sigi, Provinsi Sulawesi Tengah, bersama PT Napu Valley Resouce mulai menyosialisasikan pengembangan singkong, untuk mendongkrak peningkatan ekonomi masyarakat dan daerah itu.

“Pemerintah daerah terus berupaya mendorong agribisnis sebagai kekuatan pembangunan ekonomi,” ucap Bupati Sigi Mohamad Irwan saat menyampaikan arahan dalam sosialisasi pengembangan singkong, di Sigi, Rabu.

Singkong, kata Mohamad Irwan, merupakan satu komiditi hasil pertanian yang rutin ditanam oleh masyarakat petani di Sigi, untuk pemenuhan kebutuhan pangan.

Perlu keterlibatan pihak ketiga untuk mengembangkan singkong, sehingga tidak hanya menjadi kebutuhan konsumtif masyarakat lokal, tetapi menjadi kebutuhan industri.

“Prinsipnya pemerintah daerah membuka diri untuk bekerja sama dengan multi pihak, dalam rangka pengembangan daya saing berbasis agribisnis,” kata Mohamad Irwan.

Mohamad Irwan mengatakan Pemkab Sigi akan melakukan identifikasi lahan Hak Guna Usaha serta lahan-lahan potensial lainnya untuk pengembangan komiditi pertanian salah satunya singkong, yang melibatkan pihak ketiga.

Sementara itu pihak PT Napu Valley Resouce Edy dalam sosialisasi itu mengatakan bahwa, perusahaannya membutuhkan lahan seluas 20.000 hektare untuk pengembangan singkong.

“Kami sedang memproses 7.000 hektare lebih lahan di Kabupaten Poso, karena itu apabila ada lahan-lahan HGU di Kabupaten Sigi perusahaan kami juga berminat,” ujarnya.

Dalam sosialisasi itu, pihak perusahaan itu menerangkan bahwa, dari 20.000 hektare, 10.000 hektare diperlukan untuk pembangunan pabrik pengolahan dan pengembangan singkong dengan kapasitas produksi mencapai 200 ton/hari.

Perusahaan tersebut mengharapkan dukungan dan kerja sama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Sigi, sehingga rencana pengembangan singkong dapat terealisasi.

Bupati Sigi Mohamad Irwan (tengah kemeja hitam) didampingi Kepala Dinas Pertanian, Hortikultura dan Perkebunan Rahmad Iqbal, hadir dalam sosialisasi pengembangan tanaman singkong yang diselenggarakan oleh Dinas Pertanian Sigi kerja sama PT Napu, berlangsung di Sigi, Rabu. (ARSIP DUNIA/Muhammad Hajiji)

 

By pass

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.