Pemprov lobi Mendag tambahan pasokan minyak goreng untuk Gorontalo



Gorontalo (ARSIP DUNIA) – Kepala Dinas Koperasi, UMKM, Perindustrian dan Perdagangan (Kumperindag) Provinsi Gorontalo Risjon Sunge mengatakan Pemprov melobi Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi terkait pasokan tambahan minyak goreng untuk daerah tersebut.

Menurutnya, Gubernur Gorontalo Rusl Habibie bertemu Menteri Perdagangan membahas hal tersebut di kantor Kemendag, Jakarta, Jumat.

Rapat itu juga dihadiri Dirjen Perdagangan Luar Negeri Wisnu Wardana dan Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Oke Nurwan.

“Bapak Gubernur minta distribusi minyak goreng reguler ke distributor tetap berjalan, tapi beliau juga minta jatah ke Kemendag untuk Gorontalo. Pak Menteri setuju dan hari ini akan diterbitkan surat PO (purchase order) satu juta liter,” ungkap Risjon.

Jatah satu juta liter tersebut akan didistribusikan khusus oleh BUMN PT. Perusahaan Perdagangan Indonesia (PPI) Gorontalo.

Selanjutnya kabupaten/kota akan diberikan jatah oleh pemerintah provinsi berdasarkan usulan dan alokasi yang ada.

“Sekembalinya dari sini kami akan segera koordinasi dengan kabupaten/kota, kita lihat berapa usulan mereka. Hari Senin pekan depan rencananya pesanan dari Kemendag sudah ada di Gorontalo,” imbuhnya.

Pada pertemuan tersebut, disepakati bahwa permintaan Gubernur Gorontalo Rusli untuk 3,78 juta liter minyak goreng akan didistribusikan selama tiga bulan ke depan.

Jika keadaan belum membaik, pasokan tersebut akan tetap diberikan hingga Desember 2022.

By pass

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.