Penumpang udara di Bandara Biak terapkan mengisi e-HAC



Biak (ARSIP DUNIA) – Pelaku perjalanan domestik penumpang pesawat udara di bandara Frans Kaisiepo Kabupaten Biak Numfor, Papua sudah mulai menerapkan ketentuan baru melakukan pengisian e-HAC sebelum keberangkatan ke daerah tujuan, Jumat (4/3).

Sosialisasi pengisian e-HAC dilakukan petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) kepada setiap penumpang pesawat udara yang akan berangkat.

“Pengisian e-HAC merupakan ketentuan baru perjalanan yang dikeluarkan pemerintah sehingga setiap calon penumpang udara harus patuhi sehingga memperlancar arus keberangkatan,” kata Petugas Kesehatan Pelabuhan Biak Adi di sela-sela memandu pengisian e-HAC penumpang pesawat udara bandara Frans Kaisiepo.

Ia mengakui, pengisian e-HAC memuat informasi penumpang yang berangkat dari daerah bersangkutan hingga ke kota tujuan dan kelayakan terbang.

“Pengisian e-HAC sangat penting untuk setiap pelaku perjalanan. Ya, kami setiap saat memberikan pelayanan untuk warga,” ujarnya.

Pantauan ARSIP DUNIA di bandara Frans Kaisiepo Biak pukul 11.00 WIT sejumlah penumpang pesawat udara secara bergantian meminta panduan petugas kantor kesehatan pelabuhan Biak mengisi data pribadi di e-HAC sebelum keberangkatan ke daerah tujuan.

“Aturan baru mengisi E-HAC sebelum keberangkatan sangat baik karena ini kebijakan pemerintah harus didukung,” kata penumpang pesawat Yakob selepas mengisi data e-HAC di bandara Frans Kaisiepo Biak.

Ia mengakui, perlu meminta panduan pengisian dari petugas kesehatan Pelabuhan Biak sehingga pengisian e-HAC tidak salah sesuai dengan syarat perjalanan.

Penumpang lain Daeng menyebut, penerapan aturan pelaku perjalanan mengisi e-HAC sangat tepat untuk mempermudah layanan kepada penumpang yang berangkat.

Sedangkan tujuan lain mengisi e-HAC, menurut penumpang pesawat, guna menghindari antrean panjang di bandara saat kedatangan sehingga pemerintah membuat ketentuan baru yang mengharuskan pelaku perjalanan domestik mengisi e-HAC sebelum keberangkatan.

Sebelumnya, e-HAC diisi setelah pelaku perjalanan domestik tiba di tempat tujuan. Namun, seiring dengan jumlah pengguna transportasi udara domestik meningkat telah terjadi antrean panjang di bandara saat kedatangan untuk memeriksa e-HAC.

Ratusan penumpang pesawat udara penerbangan di bandara Frans Kaisiepo Biak, Jumat (4/3) berangkat menggunakan penerbangan Lion Air dan Sriwijaya Air tujuan Jayapura-Biak-Makassar dan Jakarta serta Trigana Air untuk penerbangan Biak-Serui- Jayapura.

 

By pass

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.