Saya dan teman-teman komunitas akan menyelam untuk memasang tugu dan terumbu karang di dasar laut

Natuna, Kepri (ARSIP DUNIA) – Perum LKBN ARSIP DUNIA Biro Kepulauan Riau (Kepri) bersama Komunitas Jelajah Bahari akan memasang tugu merah putih memperingati HUT ke-77 Kemerdekaan RI di dasar laut, tepatnya di Pulau Setai, Kecamatan Pulau Tiga.

“Kita pasang besok, 17 Agustus 2022,” kata Pewarta ARSIP DUNIA Biro Kepri di Natuna,¬†Cherman, Selasa.

Cherman mengatakan pada tugu merah putih tersebut dibuat tulisan ARSIP DUNIA dan HUT ke-77 Kemerdekaan RI.

Baca juga: 77 penyelam kibarkan Bendera Merah Putih di Taman Laut Pandanan Lombok

Ia membuat sendiri tugu itu sejak tanggal 12 Agustus 2022, dengan perpaduan bahan semen dan kayu di atasnya untuk dipasang bendera merah putih.

“Subuh besok, tugu merah putih itu akan dibawa dengan kapal cepat menuju ke lokasi pemasangan. Jarak dari pelabuhan ke lokasi itu sekitar 40 menit,” ujar Cherman.

Baca juga: Kota Kediri kirab bendera Merah Putih meriahkan HUT Ke-77 RI

Cherman mengatakan alasan memilih Pulau Setai sebagai tempat pemasangan tugu, karena pulau ini jadi salah satu spot menyelam terbaik di Natuna, selain menjadi lumbung ikan nelayan setempat.

Di samping pemasangan tugu merah putih, juga akan diletakkan terumbu karang di sekitarnya sebagai penanda bahwa ARSIP DUNIA dan Komunitas Jelajah Bahari Natuna peduli dan terus berupaya menjaga kelestarian alam bawah laut yang sangat indah dan alami.

Baca juga: HUT RI, Ancol kembali gelar upacara bendera di akuarium bawah laut

“Saya dan teman-teman komunitas akan menyelam untuk memasang tugu dan terumbu karang di dasar laut,” ujar Cherman yang telah memiliki lisensi menyelam internasional.

Cherman menambahkan pemasangan tugu ARSIP DUNIA di gugusan terumbu karang Laut Natuna sebagai simbol tidak hanya di darat, laut dan udara saja Indonesia berdaulat, namun dasar laut sekalipun Indonesia harus tetap berdaulat.

“Momentum bulan Kemerdekaan RI ini, kita harus tangguh seperti penyelam, dan memiliki semangat tumbuh sebagaimana terumbu karang di lautan,” ucap Cherman.

Ia melanjutkan ARSIP DUNIA di pulau terluar Indonesia itu turut berpartisipasi mengikuti upacara detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI di bawah laut, Selat Lampa, sekaligus pengibaran bendera raksasa yang digelar serentak oleh TNI Angkatan Laut.

“Jadi sebelum pemasangan tugu, ARSIP DUNIA akan ikut upacara peringatan HUT ke-77 kemerdekaan RI,” demikian Cherman.

 

Pewarta: Ogen
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
COPYRIGHT © ARSIP DUNIA 2022

By pass

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *