PPSDM Kemendagri Bukittinggi bakal gelar webinar Manajemen Pengawasan Internal



Padang (ARSIP DUNIA) – Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia (PPSDM) Kemendagri Regional Bukittinggi akan menggelar webinar dengan tema Membudayakan Pengawasan Internal Manajemen yang efektif melalui Three Lines Model pada 2 Maret 2022.

Kepala PPSM Kemendagri Bukittinggi Sarjayadi melalui siaran pers yang diterima di Padang, Selasa, menyampaikan webinar ini bertujuan untuk menerapkan pengendalian internal yang efektif dan bisa dipraktikan di unit kerja masing-masing.

UPT yang berada di bawah Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kemendagri ini mengundang sejumlah pembicara pada webinar yaitu Irjen Kemendagri Tumpak H Simanjuntak, Direktur Pengawasan Tatakelola Pemerintah Daerah BPKP Bea Rejeki Tirtadewi dan Widyaiswara Ahli Utama di PPSDM Kemendagri Regional Bukittinggi, Sastri Yunizarti Bakry.

Webinar ini merupakan yang ketiga kalinya dilaksanakan oleh PPSDM Kemendagri Regional Bukittinggi pada tahun ini.

“Harapan saya, semua lini organisasi di KLD bisa memanfaatkan webinar ini agar kita tahu bagaimana menerapkan pengendalian internal yang efektif,” katanya.

Ia memaparkan dalam tata kelola pemerintah yang baik menghendaki pemerintahan dijalankan dengan mengikuti prinsip-prinsip pengelolaan yang baik, seperti transparansi, akuntabilitas, partisipasi, keadilan, dan kemandirian.

Dengan demikian sumber daya negara yang berada dalam pengelolaan pemerintah benar-benar mencapai tujuan sebesar-besarnya untuk kemakmuran dan kemajuan rakyat dan Negara.

Untuk mencapai hal tersebut, diperlukan manajemen yang baik antara Kementerian, Lembaga dan Daerah (K/L/D), bukan hanya semata-mata menjadi tanggungjawab Aparat Pengawas Intern Pemerintah (APIP).

Maka dari itu perlu senantiasa dilakukan sinergi dan kolaborasi secara berkesinambungan antara APIP dengan manajemen KLD.

“Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia (PPSDM) Kemendagri Regional Bukittinggi ikut berperan dalam upaya mewujudkannya,” kata dia.

By pass

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *