Jakarta (ARSIP DUNIA) – Panasonic sedang mencari tanah di Amerika Serikat dalam rangka membangun pabrik besar untuk baterai kendaraan listrik (EV) jenis baru yang akan menjadi pemasok Tesla, sebagaimana warta NHK, dikutip Reuters, Jumat.

Panasonic sedang membangun pabrik, dengan biaya beberapa miliar dolar, baik di Oklahoma atau Kansas dekat Texas, tempat Tesla sedang mempersiapkan pabrik EV baru, NHK melaporkan. NHK tidak memberikan garis waktu untuk proyek Panasonic di AS tersebut.

NHK juga tidak menyebutkan sumber informasinya. Panasonic mengatakan bahwa rencana yang dilaporkan bukanlah sesuatu yang diumumkan.

Baca juga: Toyota-Panasonic bikin pabrik baterai mobil listrik, beroperasi April

Panasonic yang merupakan pemasok lama untuk Tesla berencana untuk mulai memproduksi massal jenis baru baterai lithium-ion untuk Tesla sebelum akhir Maret 2024 dengan dua jalur produksi baru di pabrik Jepang baratnya di Wakayama.

Baterai format 4680 (lebar 46 milimeter dan tinggi 80 milimeter) sekitar lima kali lebih besar dari yang saat ini dipasok ke Tesla, yang berarti pembuat mobil AS akan dapat menurunkan biaya produksi dan meningkatkan jangkauan kendaraan.

Hubungan Panasonic dengan Tesla telah terjalin lebih dari satu dekade ketika Tesla menandatangani perjanjian yang menjadikan perusahaan Jepang itu sebagai pemasok baterai utamanya.

Sejak itu, Tesla telah menggenjot produksi dan mendiversifikasi rantai pasokannya ke perusahaan lain, termasuk produsen China dari powerpack lithium iron phosphate (LFP) yang lebih murah seperti Contemporary Amperex Technology Co.

Korea Selatan LG Energy Solution Ltd juga berencana membuat 4680 baterai, kata sumber kepada Reuters tahun lalu.

Saham Panasonic turun 3 persen pada perdagangan pagi di Tokyo dibandingkan dengan penurunan 2,5 persen untuk indeks Nikkei 225 yang lebih luas.

Baca juga: Panasonic akan investasi 700 juta dollar AS produksi baterai Tesla

Baca juga: Panasonic jual saham Tesla

Baca juga: Panasonic akan produksi baterai “Tesla 4680”

Pewarta:
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ARSIP DUNIA 2022

By pass

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *