Jakarta (ARSIP DUNIA) – Ada sejumlah hal yang perlu diperhatikan sebelum Anda mengaplikasikan serum sebagai bagian dari perawatan kulit Anda, agar hasilnya optimal pada kulit, salah satunya pastikan kulit tak dalam kondisi kering.

Aesthetic doctor dr Abelina, MM, MARS (MHA) menyarankan Anda mencuci wajah terlebih dahulu kemudian mengenakan toner sebelum serum. Dia tak menyarankan Anda mengaplikasikan serum pada kondisi kulit yang kering.

Bila Anda memang tak ingin mengenakan toner, Anda bisa hanya mencuci wajah dan menunggu beberapa saat sebelum mengaplikasikan serum agar penyerapan serum lebih baik ke dalam kulit dan Anda bisa mendapatkan manfaat darinya.

Skin barriernya berasa agak lembap dikit baru pakai serum. Itu lebih bagus penyerapannya. Bayangkan sebuah spons, kalau dia agak basah lebih gampang menyerap zat baru dibanding kalau dia kering,” kata Abelina.

Perhatikan juga dosis pemakaian serum seperti yang tertera dalam kemasan produk sehingga Anda tak perlu mengenakan produk secara berlebihan. Kemudian, perhatikan kekentalan serum. Bila serum cenderung kental maka sebaiknya ditaruh terlebih dulu di tangan sebelum diaplikasikan ke wajah. Sementara bila serum lebih cair, maka bisa langsung diaplikasikan ke wajah.

Baca juga: Alasan perlunya menggunakan serum wajah

Saat memijat atau me-massange wajah dengan serum, ketimbang menggunakan alat, Anda bisa menggunakan jari tangan Anda. Namun, pastikan jari tersebut bersih sebelum menyentuh wajah. .

“Kalau kental sebaiknya taruh di tangan, baru ditaruh di seluruh muka, dipijat. Kalau serumnya cair banget, langsung ke muka enggak apa-apa. Tetapi jangan sampai ujung (pipet) menyentuh muka karena bisa terkontaminasi. Di wajah banyak bakteri namanya mikrobiome, itu bisa jadi terkontaminasi,” tutur Abelina.

Abelina mengingatkan, saat Anda memutuskan menggunakan suatu produk skincare baru, semisal serum sebaiknya coba dulu di tangan Anda satu hari sebelumnya.

“Kalau baru menggunakan skincare, coba dulu sekali sehari. Kalau takut banget, cobain di tangan untuk make sure tidak ada alergi. Lihat besoknya jadi merah atau tidak. Kalau aman baru taruh di muka,” kata dia.

Dokter spesialis kulit, di SkinSafe Dermatology and Skin Care, Dr. Tsippora Shainhouse, FAAD, seperti dikutip dari Healthline, menjelaskan, serum merupakan produk topikal dengan viskositas tipis yang mengandung sejumlah bahan aktif yang terkonsentrasi.

Konsep serum yakni jumlah molekul aktif yang lebih besar berpotensi menembus permukaan kulit untuk efektivitas optimal. Juga, karena konsentrasinya yang lebih tinggi, maka biasanya dibutuhkan waktu yang lebih singkat untuk melihat hasilnya.

Kemudian, karena serum lebih ringan dan mengantarkan bahan aktif ke kulit dengan cepat, serum akan bekerja lebih dulu setelah Anda membersihkan kulit. Setelah mengenakan serum, untuk memaksimalkan manfaatnya, Anda perlu mengaplikasikan pelembap atau krim wajah.

Ada banyak jenis serum yang beredar saat ini dengan masing-masing kegunaan dan bahan seperti Ceramide, NMF, Hyalu-10 yakni Hyaluronic acid atau zat yang secara alami ditemukan di tubuh dan merupakan humektan atau zat yang menarik air, Niacinamide ataupun VC-Ip. Pastikan Anda memilih serum yang sesuai kebutuhan kulit Anda.

Beberapa serum bisa membantu mencerahkan kulit Anda atau mengurangi noda, sementara yang lain fokus untuk meningkatkan hidrasi atau melawan tanda-tanda penuaaan seperti garis halus, mengatasi jerawat atau pelembap sebagai kunci untuk menghidrasi kulit Anda.

Menurut Shainhouse, cara terbaik untuk menggunakan serum wajah yakni menjadikannya sebagai lapisan dasar di bawah produk Anda yang lebih berat seperti pelembap, tabir surya, dan makeup.

“Meskipun kulit yang lebih muda umumnya tidak membutuhkan lebih dari sekadar pembersih lembut dan tabir surya spektrum luas setiap hari, akan sangat membantu untuk masuk ke rejimen perawatan kulit yang sehat dan preventif,” kata dia.

Anda dapat menggunakan serum wajah sekali atau dua kali sehari secara teratur setelah membersihkan kulit Anda. Anggap saja sebagai langkah setelah Anda membersihkan kulit wajah.

Senada dengan Shainhouse, Co-Founder Trueve, Carla Setiawan juga merekomendasikan bisa Anda gunakan secara teratur. Menurut dia, sebaiknya, aplikasikan serum sebelum makeup atau riasan Anda.

“Ditunggu sampai cukup menyerap. Bisa pagi hari sebelum keluar dan malam hari sebagai skincare rutin,” kata dia.

Carla mengatakan, penggunaan skincare sebelum makeup akan membantu makeup terlihat lebih flawless, menyerap, lebih rata dibandingkan kulit kita tanpa menggunakan skincare.

“Apalagi tipikal kulit kering atau berminyak. Kalau kulit kering makeupnya bisa mental, kalau berminyak makeup tidak akan tahan lama,” demikian saran Carla.

Walau begitu, sebenarnya terkait waktu pemakaian serum bisa disesuaikan dengan jenis serum yang Anda gunakan. Produk serum yang mengandung anti-pigmentasi dan antioksidan bekerja paling baik ketika diterapkan di pagi hari. Serum ini membantu melindungi kulit Anda dari serangan lingkungan dan produksi radikal bebas termasuk UV.

Serum anti-aging seringkali paling cocok untuk aplikasi malam hari karena memungkinkan bahan untuk bekerja dengan ritme sirkadian tubuh Anda untuk perbaikan dan pergantian kulit. Sementara serum dengan kemampuan hidrasi khusus untuk kulit kering dapat dioleskan dua kali sehari untuk membantu menjaga kulit Anda tetap lembab dan lembap.

Baca juga: Sudah tepatkah langkah mengaplikasikan serum? Ini tipsnya

Baca juga: Rekomendasi serum anti aging untuk wajah lebih awet muda

Baca juga: Cantik tak harus putih, Zuzu Beauty Care rilis rangkaian skincare

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © ARSIP DUNIA 2022

By pass

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.