Tim Emma Yohanna ajak anak-anak pengungsi bermain bersama



Simpang Empat (ARSIP DUNIA) – Tim dari Anggota Dewan Perwakilan Daerah RI Asal Sumatera Barat (Sumbar) Emma Yohanna mengajak para anak-anak di lokasi pengungsian gempa Pasaman Barat bermain bersama pada Selasa (1/2) malam.

“Malam ini kami hadir untuk menghibur serta mengajak anak-anak di pengungsian bermain bersama, ini bagian dari upaya pemulihan trauma,” kata Emma Yohanna di Simpang Empat, Selasa malam.

Anak-anak yang mengungsi di kantor halaman kantor bupati setempat tampak riang dan bersemangat mengikuti kegiatan yang dilaksanakan di lokasi pengungsian tersebut, didampingi oleh orang tua masing-masing.

Puluhan anak-anak diajak bermain, bernyanyi, kuis, diuji hafalan ayat Al-Quran, serta diberikan edukasi terkait gempa oleh tim yang menggandeng Perempuan Indonesia Maju, JCI, Stikes YPAK Padang,

Emma Yohanna yang merupakan puteri daerah Pasaman mengatakan bahwa anak-anak memang menjadi salah satu perhatian utama timnya usai bencana di Pasaman Barat.

Pasalnya anak-anak tersebut baru saja melalui bencana besar, sehingga akan berdampak pada jiwanya masing-masing.

“Sewaktu gempa mereka mengalami cemas, ada yang berlari, dan ada juga yang terluka, bahkan sekarang mereka yang biasanya tinggal di rumah harus menghuni pengungsian, tentu ini berpengaruh pada psikologis,” katanya.

Oleh karena itu ia bersama tim berupaya untuk memberikan hiburan dengan harapan anak-anak bisa memulihkan traumanya.

Dalam kesempatan tersebut ia juga menyelipkan edukasi tentang gempa lewat nyanyian ataupun hiburan yang diberikan.

“Edukasi yang diberikan tidak perlu membohongi mereka soal realita, faktanya gempa memang terjadi. Jadi kita berikan edukasi dengan cara yang menyenangkan agar mereka siap,” katanya.

Selain di halaman kantor bupati yang merupakan titik pengungsian utama, tim juga melakukan hal serupa di kenagarian Kajai, Kecamatan Talamau, Selasa siang.

Pihaknya berencana akan kembali turun ke lokasi pada Kamis dengan menghadirkan materi yang lebih baru dan lengkap, rencananya akan digelar nonton bersama.

By pass

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.