Karbohidrat bukan musuh kita, konsumsilah sesuai kebutuhan atau tidak berlebih

Jakarta (ARSIP DUNIA) – Kegemukan atau obesitas menjadi salah satu kondisi yang dikhawatirkan banyak orang di zaman modern akibat gaya hidup yang tidak sehat.

Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) Kementerian Kesehatan tahun 2018 menunjukkan bahwa proporsi dari populasi yang memiliki faktor risiko obesitas pada penduduk berusia lebih dari 18 tahun meningkat dari 15,4 persen di tahun 2013 menjadi 21,8 persen di 2018.

Menjelang Hari Obesitas Sedunia pada 4 Maret mendatang, berikut ini adalah tips mudah untuk menjaga berat badan agar tetap ideal, dikutip dari siaran pers Tokopedia pada Rabu.

Baca juga: Selain BMI, perhatikan juga komposisi untuk dapatkan tubuh ideal

Rutin olahraga

Anda dapat menjaga berat badan ideal dan mencegah obesitas melalui olahraga secara rutin. Adapun olahraga yang dapat dilakukan seperti lari hingga bermain skateboard.

Tidur cukup

Praktisi kesehatan tidur dr. Andreas Prasadja, RPSGT, mengatakan, durasi tidur yang ideal adalah 7-9 jam sehari. Tidur yang cukup dan berkualitas bisa membantu menghilangkan lebih banyak kalori.

“Tubuh manusia memiliki irama sirkadian yang membentuk ritme tubuh. Jika seseorang kurang tidur, maka stabilitas tubuhnya akan terganggu, mulai dari kemampuan kognitif, daya tahan tubuh, kestabilan emosi hingga gangguan pada pencernaan dan metabolisme,” kata Andreas.

Baca juga: Kesalahan diet yang sering dilakukan saat ingin menurunkan berat badan

Pewarta: Suci Nurhaliza
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ARSIP DUNIA 2022

By pass

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *