Jakarta (ARSIP DUNIA) – PT Toyota-Astra Motor (TAM) telah meluncurkan secara resmi kendaraan keluarga All New Voxy yang kini dibekali platform dan mesin Toyota New Global Architecture (TNGA) terbaru guna meningkatkan performa kendaraan menyesuaikan desain dan fitur baru di dalamnya.

Tidak hanya menghadirkan platform, teknologi dan juga fitur-fitur terbaru, Toyota dalam hal ini juga membekali senjata terbaru untuk All New Voxy agar dapat bersaing di pasar otomotif Indonesia dengan menghadirkan teknologi keselamatan aktif baru yaitu Toyota Safety Sense 3.0 (TSS 3.0).

“Bagi Toyota, keselamatan telah dan akan selalu menjadi, prioritas utama kami, karena keselamatan Anda penting bagi kami. Untuk itu, selama ini kami terus melengkapi model Toyota dengan banyak teknologi dan fitur keselamatan baru, termasuk dengan memperkenalkan Toyota Safety Sense (TSS) secara global pertama kali di tahun 2015,” ungkap Presiden Direktur TAM, Susumu Matsuda, saat peluncuran All New Voxy secara daring Kamis.

Baca juga: Mungkinkan Toyota Voxy dirakit lokal di Indonesia?

Mesin

Dalam hal ini, kendaraan MPV Premium ini benar-benar menyajikan sesuatu yang baru dari generasi yang sebelumnya. Hal yang paling terlihat jelas adalah asupan platform TNGA atau Toyota New Global Architecture yang diklaim dapat menambah performa dan juga kenyamanan dari sebuah kendaraan.

Untuk menguatkan itu semua, All New Voxy hadir dengan menggendong mesin berkode M20A-FKS sehingga All New Voxy menjadi kendaraan yang kedua yang memanfaatkan teknologi Dynamic Force Engine, yang juga digunakan  pada mesin All New Camry berkode F25A-FKS.


Menggendong mein berkapasitas 1.986cc, Toyota All New Voxy ini diklaim memiliki pengikatan daya performa, tenaga yang dihasilkan dari mesin ini mencapai 170 PS yang sebelumnya hanya 152 PS.

Untuk urusan torsi, mobil ini juga diklaim memiliki peningkatan, sebelumnya hanya 19,7 Kgm kini torsi maksimumnya sebesar 20,6 Kgm pada 4.900 rpm atau naik 4,6 persen.

Tenaga dan torsi yang cukup besar ini disalurkan ke roda depan melalui transmisi CVT yang halus dan responsif. Sehingga, meski lebih bertenaga, mesin TNGA pada All New Voxy menjadi lebih efisien, di mana efisiansi bahan bakarnya berada di level 15 kilometer/liter.

Baca juga: Toyota tak menyangka pemesanan Voxy jauh melewati target awal

Eksterior

All New Voxy hadir dengan tampilan yang begitu futuristis dan agresif namun tetap membawa kesan premium. Dari depan, desain All New Voxy terlihat lebih edgy yang terpancar dari New Resilient Front Bumper & Intriguing Grille Design.

Selain itu, mobil ini juga memiliki desain bumper dan grille yang unik yang dikelilingi oleh bingkai chrome dan New Bold Headlamp Design yang berbaur secara seamless dengan bagian atas grille.

Dari sisi samping, All New Voxy terlihat semakin elegan berkat adanya New Stunning 17 inci disc wheel yang menyerupai desain turbin pesawat dan dibalut kombinasi chrome dengan warna abu-abu.


Sementara pada sisi belakang eksterior All New Voxy, New Stylish Rear Combination Lamp yang membentang dari kiri ke kanan semakin memperkuat karakter All New Voxy yang modern dan stylish.

Kendaraan MPV premium yang menyasar kalangan usia 40-49 tahun ini dimensi panjang 4.695 mm, lebar 1.730 mm, dan tinggi 1.855 mm yang membuat kabinnya menjadi luas dan lapang.

Baca juga: Toyota Agya dan Voxy sabet Otomotif Award 2018

Sebagai Boxy MPV, atap persegi tanpa lekukan memberikan ekstra ruang seperti saat berada di atrium. Ditambah dengan pemanfaatan platform TNGA dan didukung wheelbase sepanjang 2.850 mm, lantai All New Voxy dapat dibuat rendah dan rata sehingga memudahkan akses keluar-masuk, pergerakan di dalam kabin, dan meningkatkan kenyamanan.

Ruang hiburan

Toyota All New Voxy generasi keempat secara global ini hadir dengan berbagai penyempurnaan yang membuat pengguna nyaman dalam menggunakan kendaraan ini meski dalam jarak yang cukup jauh.

Hal itu terlihat dengan hadirnya fitur New Comprehensive 7” TFT LCD MID with Head-Up Display untuk memantau beberapa indikator penting seperti kecepatan tanpa perlu mengalihkan pandangan dari jalan di depan.

Lalu terdapat pula fitur Seamless Steering Switch with New TSS button mempermudah pengemudi dapat mengoperasikan beberapa fitur pada All New Voxy tanpa harus melepas setir.


Kendaraan yang banyak digunakan oleh para senior eksekutif ini memiliki dua inovasi baru yaitu Dual Sliding Door with New Kick Sensor dan New Dashing Power Back Door with Side Button yang memudahkan untuk mengakses ruang kabin dan bagasi.

Baca juga: Toyota Voxy sudah dipesan hampir 300 unit di GIIAS 2017

Fitur Kick Sensor memberikan kemudahan bagi pengguna untuk membuka sliding door saat membawa barang bawaan, sementara fitur Side Button memungkinkan pengguna untuk membuka pintu bagasi dari samping saat berada di area yang sempit.

Menariknya, fitur Power Back Door pada All New Voxy dapat menyesuaikan bukaannya di area sempit, dan ini merupakan fitur yang pertama di dunia yang Toyota hadirkan secara khusus di All New Voxy.

Untuk semakin memberikan kenyamanan selama dalam kendaraan, All New Voxy jua sudah dipersenjatai dengan fitur Refined 9 inch Head Unit yang terkoneksi dengan Marvelous 11.6 inch Roof Rear Seat Entertainment (RSE) sehingga baik penumpang di depan maupun di belakang dapat menikmati perjalanan bersama All New Voxy.

Selain itu All New Voxy juga dibekali dengan fitur New Wireless Charger dan 6 Practical USB Port, sehingga seluruh penumpang tidak perlu khawatir dalam hal mengisi ulang daya baterai gawai saat melakukan perjalanan jauh.

Baca juga: Menelisik fitur Toyota Voxy, MPV segmen atas nan sporty

Masa pandemi seperti saat ini, udara yang segar dan juga bebas dari bakteri merupakan hal yang penting, All New Voy juga sudah menghadirkan fitur New Pleasant Air Purifier untuk menyegarkan udara di dalam kabin, sehingga perjalanan menjadi lebih nyaman.


​​​​​​​Fitur safety dari kendaraan in juga sudah cukup banyak, seperti New Electric Parking Brake (EPB) and Auto Brake Hold Button (ABH), New Convenient Panoramic View Monitor, dan Complete SRS Airbag.

Menariknya di spion luar All New Voxy tidak hanya sudah dilengkapi dengan Blind Spot Monitor, namun juga dengan Heater Function yang dapat menghilangkan embun pada kaca.

Sejak diperkenalkan pada 2017 yang lalu di pasar otomotif Indonesia, kendaraan yang masuk dalam segmen MPV Premium ini mendapatkan antusias yang baik dari para penggemarnya. Dengan begitu, PT TAM dengan bangga menghadirkan Voxy generasi keempat secara global ke Indonesia.

Vice President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Henry Tanoto mengatakan bahwa kami bersyukur Voxy dapat diterima dengan baik oleh masyarakat Indonesia dan mampu tampil sebagai market leader di segmennya. Secara total, Voxy telah membukukan penjualan retail lebih dari 13.000 unit, dan pangsa pasarnya pun stabil di level 70 persen.

“Sebagai bentuk apresiasi, hari ini kami hadirkan All New Voxy dengan platform, mesin, desain, dan teknologi baru. kami harap All New Voxy dapat menjawab kebutuhan pelanggan di segmen High MPV dan meneruskan perannya sebagai market leader,” tutup Henry Tanoto di kesempatan yang sama.

All New Voxy hadir dengan empat pilihan warna yaitu White Pearl, Glitter Black, Sparkling Black Pearl, dan Metal Stream dengan banderol mulai dari Rp558,2 juta on the road Jakarta.

Baca juga: Tampilan Toyota Noah dan Voxy generasi terbaru

Baca juga: Toyota luncurkan “teaser” Noah dan Voxy

Baca juga: Toyota naikkan harga Voxy, Rush, Agya, dan Calya

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ARSIP DUNIA 2022

By pass

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *