Jakarta (ARSIP DUNIA) – Video musik “Barbie Girl” yang dipopulerkan grup musik Aqua pada tahun 1990-an, telah melewati angka 1 miliar penayangan di YouTube, dilansir Variety.

Lagu hit yang dirilis tahun 1997 ini diunggah ke YouTube pada 2010 oleh grup asal Denmark-Norwegia itu. “Barbie Girl” memiliki rata-rata penayangan lebih dari 400.000 ribu setiap hari selama 12 bulan terakhir.

Video ini menampilkan empat anggota grup Søren Rasted, Claus Norreen, René Dif, dan Lene Nystrm dalam set warna yang mencolok. Lagu dan video tersebut seolah-olah merupakan sindiran dari boneka ikonik Mattel, mengoceh tentang hubungan seksual implisit antara Barbie dan Ken.

Baca juga: Barbie hadirkan boneka edisi produser musik

Lirik pada bagian chorus lagu berbunyi, “I’m a Barbie girl, in the Barbie world / Life in plastic, it’s fantastic / You can brush my hair, undress me everywhere / Imagination, life is your creation.”

Mattel telah menggugat MCA Records, label Aqua, atas “Barbie Girl” dengan tuduhan bahwa lirik lagu tersebut menghubungkan tema seksual dan tema buruk lainnya terhadap produk Barbie.

Pengadilan banding memutuskan bahwa “Barbie Girl” dilindungi sebagai parodi di bawah Amandemen Pertama, dan kasus itu dibatalkan. Pada tahun 2009, Mattel melisensikan “Barbie Girl” untuk digunakan dalam kampanye iklan.

Video musik 1990-an lainnya yang mencapai klub miliaran penayangan YouTube termasuk Guns N’ Roses “November Rain”, “Smells Like Teen Spirit” dari Nirvana, “What’s Up” dari 4 Non Blondes, “Zombie” dari The Cranberries, Whitney Houston dengan “I Will Always Love You” dan “I Want It That Way” dari Backstreet Boys.

“Barbie Girl” Aqua menduduki puncak tangga lagu secara global ketika dirilis, dan itu tetap menjadi salah satu lagu terlaris di Inggris.

Baca juga: Aqua reuni 20 tahun “Barbie Girl”

Baca juga: NMIXX dituding jiplak video musik ATEEZ

Baca juga: The Weeknd akan hadirkan pertunjukan musik “Dawn FM” di Prime Video

Penerjemah: Maria Cicilia
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © ARSIP DUNIA 2022

By pass

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.