Wagub Maluku apresiasi Satpol PP bagikan 1.000 APD gratis begini penjelasannya



Ambon (ARSIP DUNIA) – Wakil Gubernur (Wagub) Maluku,  Barnabas Nathaniel Orno mengapresiasi upaya Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) mengatasi penyebaran COVID-19 dengan membagikan 1.000 paket alat pelindung diri (APD) di empat kawasan di Kota Ambon.

“Saya memberikan apresiasi yang tinggi terhadap kinerja Satpol PP Maluku dan Kota Ambon atas kepeduliannya mengatasi pandemi COVID-19 dengan pembagian 1.000 APD gratis,” kata Wagub Orno saat membuka bhakti sosial memperingati HUT ke-72 Satpol PP dan HUT ke60 Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas), di Ambon, Rabu.

Wagub yang didampingi Ketua DPRD Maluku Lucky Wattimury dan Wakil Wali Kota Ambon Syarief Hadler juga mengapresiasi serangkaian kegiatan yang dilaksanakan Satpol PP Provinsi Maluku dan Kota Ambon pada puncak perayaan HUT tersebut yakni aksi donor darah dan vaksinasi massal untuk warga Kota Ambon.

1.000 paket APD yang dibagikan secara gratis kepada warga di empat kawasan di ibu kota provinsi Maluku itu, berupa masker medis, cairan pencuci tangan serta paket vitamin C. Selain itu, mereka juga memberikan paket kebutuhan pokok gratis kepada warga yang datang mengikuti vaksinasi massal.

Menurut Wagub Undang-Undang No.23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah menetapkan Satpol PP sebagai salah satu perangkat daerah yang melaksanakan urusan wajib pelayanan dasar, dengan tugas pokok antara lain menegakan Perda dan Peraturan Kepala Daerah, menyelenggarakan ketentraman masyarakat dan ketertiban umum serta perlindungan kepada masyarakat. 

Berkaitan dengan fungsi tersebut, Satpol PP sebagai insitusi berusia lebih dari setengah abad, dinilai Wagub Barnabas telah banyak berkontribusi bagi bangsa dan negara, termasuk di Maluku dan Kota Ambon.

“Apalagi saat pandemi COVID-19 hingga saat ini Satpol PP bersama-sama jajaran TNI dan Polri, menjadi garda terdepan penegakkan disiplin protokol kesehatan di seluruh Indonesia, termasuk di Maluku,” katanya.

Karena itu dia berharap Baksos yang digelar dapat dipertahankan dan berlanjut sehingga keberadaan institusi tersebut semakin solid dalam melaksanakan tugas-tugas pengabdian bagi masyarakat.

Ias berterima kasih atas dukungan dan semua pihak yang mkendukung terselenggaranya bhakti sosial tersebut, juga kepada seluruh anggota Satpol PP Provinsi Maluku dan Kota Ambon serta masyarakat yang turut terlibat dalam aksi donor darah dan vaksinasi massal tersebut.

Kepala Satpol PP Provinsi Maluku Andre Adrians mengatakan bhakti sosial itu selain untuk perayaan HUT juga untuk mewujudkan pengabdian Satpol PP bagi masyarakat dan kemanusian sekaligus meningkatkan citranya di tengah masyarakat. 

Baksos yang dilaksanakan di ibu kota provinsi Maluku itu, digagas melalui kerja sama antara Satpol PP provinsi dan Kota Ambon, telah diawali aksi pembersihan lingkungan dan tempat ibadah pada 25 Februari. 

Sedangkan puncaknya pada Rabu (2/3), dilaksanakan donor darah yang diikuti ASN dan anggota Satpol PP Provinsi dan Kota Ambon, vaksinasi massal dan pembagian 1.000 paket APD di 4 lokasi di wilayah Kota Ambon serta pembagian kebutuhan pokok untuk warga yang divaksin.

 

By pass

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.