Solok (ARSIP DUNIA) – Wakil Wali Kota Solok Ramadhani Kirana Putra di Solok, Jumat, bersama SKPD lainnya menjadi peserta lomba tarik tambang yang digelar di tengah sawah dalam rangka memeriahkan Rang Solok Baralek Gadang (orang Solok gelar pesta besar).

Selain itu, Ramadhani juga mengikuti apel gabungan dan senam bersama peserta lainnya di tengah hamparan sawah yang merupakan tempat digelarnya Rang Solok Baralek Gadang yang digelar dari 22 hingga 25 September 2022 di Kota Solok, Sumbar.

Sejumlah pengunjung tampak antusiasme menyaksikan pelaksanaan lomba tarik tambang yang diikuti langsung oleh Wakil Wali Kota Solok beserta sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lainnya.

Salah seorang pengunjung Siti Nuraisyah (25) mengapresiasi dan mengaku bangga dengan adanya agenda besar yang digelar Pemkot Solok selama empat hari mulai dari 22 hingga 25 September 2022.

Baca juga: Beragam kesenian lokal meriahkan Rang Solok Baralek Gadang

Baca juga: Pemkot akan gelar beragam kesenian meriahkan Rang Solok Baralek Gadang

“Saya juga kagum dengan Wakil Wali Kota Solok yang langsung terjun dan rela bermain lumpur  ke tengah sawah mengikuti lomba tarik tambang dalam rangka memeriahkan acara Rang Solok Baralek Gadang,” kata dia.

Ia berharap ke depan acara Rang Solok Baralek gadang tersebut menjadi agenda tahunan Kota Solok dan terus ada inovasi yang lebih menarik lagi ke depannya dalam mengangkat potensi lokal dan membangkitkan ekonomi daerah.

“Sudah lama tidak ada acara ini akibat pandemi COVID-19, semoga acara ini sebagai langkah awal bangkit dari dampak pandemi,” ujar dia.

Di samping itu, Ketua Pelaksana Rang Solok Baralek Gadang, Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Jefrizal dalam laporannya menyebutkan acara Rang Solok Baralek Gadang adalah ajang kebudayaan yang terpilih dalam Kharisma Event Nusantara.

Beragam penampilan yang dihadirkan untuk menghibur para pengunjung, di antaranya berupa permainan anak nagari, lomba tarik tambang di tengah sawah, lomba menangkap belut, lomba balap layang-layang dan lain sebagainya.

Di hamparan Sawah Solok juga disuguhkan instalasi jerami padi yang disusun sedemikian rupa sehingga membentuk bermacam rupa hewan hingga bunga untuk hiasan berfoto para pengunjung.

Selain itu, selama Rang Solok Baralek Gadang, juga dimeriahkan festival Silek (Silat) tradisional. Silek akan dilakukan di areal sawah yang berlumpur. Pesertanya dari berbagai perguruan Silek di Sumatera Barat.*

Baca juga: Ribuan warga ikuti pawai pekan budaya Paninjauan Baralek Gadang

Baca juga: Perantau Pariaman akan gelar acara baralek gadang

Pewarta: Laila Syafarud
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ARSIP DUNIA 2022

By pass

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.