Ini sebenarnya saya belum pernah turun di gaya ganti. Baru pertama kali di even ini mengikuti gaya ganti

Semarang (ARSIP DUNIA) – Zaki Zulkarnain sukses menggondol medali emas meski mengaku sempat terkendala faktor cuaca saat tampil di cabang olahraga para-renang ASEAN Para Games 2022 yang berlangsung di Stadion Jatidiri, Semarang, Kamis.

Cuaca yang sangat panas membuat atlet asal Riau itu sempat mengalami pusing saat pergantian gerak dari gaya kupu-kupu ke gaya punggung di nomor 200 meter gaya ganti perorangan putra SM8.

“Karena cuaca, panas ya. Jadi, saat pembalikan gaya kupu-kupu ke punggung itu saya pusing. Karena langsung menghadap ke matahari,” kata Zaki.

Dari pengalamannya, kata Zaki, biasanya perlombaan para-renang digelar di dalam ruangan (indoor), sementara pada APG 2022 di gelanggang renang Stadion Jatidiri.Semarang yang terbuka (outdoor).

“Even ini biasanya (indoor), waktu di Jakarta kemarin (Asian Para Games 2018) kan ‘indoor’. Mungkin tadi (pusing) karena faktor cuaca,” katanya.

Namun, Zaki sanggup mengatasi pusingnya dan melaju hingga akhirnya mencapai finis, bahkan dengan catatan waktu tercepat, yakni 2 menit 39,14 detik.

Baca juga: Para-renang pasang target 4-5 medali emas pada hari keempat

Di urutan kedua, perenang Kamboja Muoy Yun (3 menit 2,73 detik), diikuti perenang Filipina Edwin Villanueva dengan waktu 3 menit 14,72 detik.

“Saya gunakan semua tenaga yang ada. Jangan kemudian, ‘aduh pusing, ya sudah’. Kalau masih ada tenaga, ya keluarkan aja,” kata Zaki.

Zaki mengaku sebenarnya baru pertama kali ini turun di nomor gaya ganti, namun persiapan yang dilakukannya telah mengantarkannya meraih gelar juara di nomor tersebut.

“Ini sebenarnya saya belum pernah turun di gaya ganti. Baru pertama kali di even ini mengikuti gaya ganti. Sebelumnya di Asian Para Games 2018 di Jakarta turun di nomor 50 dan 100 meter gaya bebas,” katanya.

Selain di nomor 200 meter gaya ganti perorangan putra SM8, Zaki sudah mengantongi tiga medali emas, yakni 100 meter gaya bebas putra S8.

Lalu, dua nomor beregu di estafet 4×100 meter gaya ganti putra 34 point dan 4×100 meter gaya bebas putra 34 point.

Masih ada satu nomor tersisa, yakni 50 meter gaya bebas yang akan membuatnya menyapu bersih jika sukses menggondol medali emas.

Baca juga: Round up – Atletik dan renang kuatkan posisi teratas Indonesia

Baca juga: Jendi Pangabean sapu bersih lima medali emas para-renang

Baca juga: Bayu Putra raih emas para-renang di laga debut internasionalnya

Pewarta: Zuhdiar Laeis
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ARSIP DUNIA 2022

By pass

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.